UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN KEGIATAN MENARI TRADISIONAL ACEH DI KELOMPOK A RA INDAH SARI NO.26 BANDA ACEH

Riza Oktariana, Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitan ini berjudul: meningkatkan motorik kasar anak dengan kegiatan menari tradisional Aceh kelompok A R.A Indah Sari No. 26 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik kasar anak melalui kegiatan menari tradisional Aceh di kelompok A R.A Indah Sari No. 26 Banda Aceh. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian siswa adalah kelompok A sebanyak 10 orang murid di RA Indah Sari No. 26 Banda Aceh yang belajar pada kelompok A terdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2021-2022. Instrumen digunakan berupa lembaran observasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif dengan analisis data menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menari tradisional Aceh dapat meningkatkan motorik kasar anak di kelompok A RA Indah Sari No. 26 Banda Aceh. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi perubahan pada hasil observasi pra siklus sebanyak 14%, dan pada hasil observasi siklus I meningkat menjadi 22,5% dan pada hasil observasi siklus II meningkat menjadi 54,66%. Sebaliknya siswa yang semula pada hasil observasi pra siklus mendapat kriteria baik dan cukup semakin berkurang frekuensinya baik pada hasil observasi siklus I dan hasil observasi observasi siklus II. Dengan demikian melalui tari tradisional Aceh dapat meningkatkan kemampuan motorik anak kelompok A RA Indah Sari No.26 Banda Aceh.

Kata kunci: Menari Tradisional, Motorik Kasar

This research is entitled: improving children's gross motor skills with traditional Aceh dance activities for group A R.A Indah Sari No. 26 Banda Aceh. The purpose of this study was to determine the improvement of children's gross motor skills through traditional Aceh dance activities in the group A R.A Indah Sari No. 26 Banda Aceh. The subjects in the student research were group A as many as 10 students at RA Indah Sari No. 26 Banda Aceh who studied in group A consisted of 3 boys and 7 girls in the even semester of the 2021-2022 academic year. The instrument used is an observation sheet. Data collection was done by qualitative method with data analysis using percentage test. The results showed that through traditional Aceh dance activities, children's gross motor skills in group A RA Indah Sari No. 26 Banda Aceh. The results obtained showed that there was a change in the results of the pre-cycle observations as much as 14%, and the results of the first cycle observations increased to 22.5% and the second cycle observations increased to 54.66%. On the other hand, students who were originally based on the pre-cycle observations received good criteria and the frequency was decreasing, both in the first cycle observations and the second cycle observations. Thus, through traditional Acehnese dances, they can improve the motor skills of the children of group A RA Indah Sari No.26 Banda Aceh.

Keywords: Traditional Dancing, Gross Motor

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2009). Sertifikasi Guru, Panitia Rayon 114, 2011. Materi III Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Surabaya: UNESA.

Aisyah, Siti. (2007). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta.

---------------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar. (2002). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Aryprasatya.(2010). Perkembangan Gerak. Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Epifania, T. (2006). Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga

Hibana (2006). Konsep Dasar Pendidkan Anak Usia Dini. Edisi. IV. Yogyakarta: PGTKI Press.

................ (2004). Konsep Dasar Pendidkan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Handayani, R. (2014) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari Nusantara Universitas Pendidikan Indonesia |repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

I Gusti, K. (2010). Jurnal Konsep Dasar Anak Usia Dini. Bandung: PT Rineca Cipta.

Lilik, S. (2009). Penerapan Pembelajaran Origami dengan Teknik Pemberian Simbol untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mansyur, Herlinda. (2004). Koreografi. Padang. Universitas Negeri Padang.

Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.3055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda