KONTRIBUSI MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTSN 2 ACEH BESAR
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi sangat diperlukan karena menjadi salah satu penyebab tinggi atau rendahnya kualitas hasil belajar, khususnya pada pelajaran matematika. Kondisi tersebut dapat diketahui jika ada kontribusi motivasi terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN 2 Aceh Besar Tahun Ajaran 2022/2023. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasinya yaitu semua siswa kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel yang terpilih adalah kelas VIII-4. Pengumpulan data dilakukan dengan angket motivasi dan tes hasil belajar siswa. Data diolah menggunakan uji korelasi sederhana sampai koefisien determinasi setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Setelah data diolah, diperoleh korelasi yaitu r = 0,478 berada pada nilai 0,40-0,599, dengan demikian tingkat hubungan antara motivasi dan hasil belajar matematika siswa tergolong dalam korelasi positif yang cukup kuat. Berdasarkan analisis koefisien determinasi motivasi belajar yaitu sebesar 22,8484% yang tergolong rendah mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa di MTsN 2 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan guru untuk lebih memperhatikan motivasi siswa agar memiliki motivasi yang tinggi, sehingga siswa mudah ketika menyelesaikan masalah dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar
In teaching and learning activities, the role of motivation is very necessary because it is one of the causes of high or low quality of learning outcomes, especially in mathematics lessons. This condition can be seen if there is a motivational contribution to student learning outcomes. The aim of this research is to determine whether there is a contribution of motivation to students' mathematics learning outcomes at MTsN 2 Aceh Besar for the 2022/2023 academic year. The approach used is a quantitative approach with a correlational descriptive type. The population is all class VIII students at MTsN 2 Aceh Besar. The sample was determined using a random sampling technique, so that the sample selected was class VIII-4. Data collection was carried out using motivation questionnaires and student learning outcomes tests. The data is processed using a simple correlation test to determine the coefficient of determination after the test prerequisites are met. After the data was processed, a correlation was obtained, namely r = 0.478, with a value of 0.40-0.599, thus the level of relationship between motivation and students' mathematics learning outcomes was classified as a fairly strong positive correlation. Based on the analysis of the coefficient of determination of learning motivation, which is 22.8484%, which is classified as low in influencing student learning outcomes, so it can be concluded that motivation has a contribution to student learning outcomes at MTsN 2 Aceh Besar. Based on the research results, it is hoped that it can be a reference for teachers to pay more attention to student motivation so that they have high motivation, so that students can easily solve problems and get maximum learning results.
Keywords: Learning Motivation, Learning Results
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i2.3430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by