OPTIMALISASI PERAN SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MADRASAH
Abstract
Penelitian ini membahas tentang optimalisasi peran supervisor dalam meningkatkan profesional guru di madrasah. Guru yang kompeten dan profesional berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan ini. Oleh karena itu, peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengawasi dan mendukung guru dalam proses pembelajaran menjadi krusial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur review. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran yang akurat tentang peran supervisor dalam meningkatkan profesional guru di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor meliputi fungsi sebagai peneliti, konsultan, fasilitator, motivator, dan pelopor perubahan. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik, seperti keterbatasan waktu, pengelolaan pembelajaran yang belum optimal, dan variasi terbatas dalam pemanfaatan alat atau metode pembelajaran.Dalam meningkatkan profesionalisme guru, perlu diberikan fokus pada supervisi pengajaran yang dilakukan secara sistematis dan teratur. Kepala madrasah sebagai supervisor harus memiliki kemampuan dalam memberikan umpan balik konstruktif, membantu perencanaan dan implementasi pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional, serta mendorong kolaborasi antar guru. Dengan menggunakan pendekatan profesional dan melalui supervisi yang efektif, kepala madrasah dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas dan kinerja guru, serta memperkuat budaya profesionalisme dalam lingkungan pendidikan. Upaya ini akan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan secara keseluruhan di madrasah.
Kata Kunci: Peran Supervisor, Profesional Guru
This study discusses the optimization of the role of supervisors in improving teacher professionals in madrasahs. Competent and professional teachers play an important role in achieving this educational goal. Therefore, the role of the head of the madrasah as a supervisor in supervising and supporting teachers in the learning process is crucial. This research uses a qualitative approach with literature review method. The collected data is analyzed descriptively to provide an accurate picture of the supervisor's role in improving teacher professionals in madrasas. The results showed that the role of the head of the madrasah as a supervisor includes functions as a researcher, consultant, facilitator, motivator, and pioneer of change. However, the study also identified several obstacles faced by madrasah heads in carrying out academic supervision, such as limited time, suboptimal learning management, and limited variations in the use of learning tools or methods. In improving teacher professionalism, it is necessary to focus on supervising teaching that is carried out systematically and regularly. The head of the madrasah as a supervisor must have the ability to provide constructive feedback, assist in the planning and implementation of learning, identify professional development needs, and encourage collaboration between teachers. By using a professional approach and through effective supervision, madrasah heads can play an important role in improving the quality and performance of teachers, as well as strengthening the culture of professionalism in the educational environment. This effort will have a positive impact on the overall quality of education in madrasas.
Keywords: Supervisor Role, Teacher Professional
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i2.3434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by