PELATIHAN GURU STIMULASI UNTUK PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK MELALUI TARI TRADISIONAL ACEH DI TKIT PERMATA SUNNAH KOTA BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak pada saat melaksanakan tari Tradisional dan kemampuan motorik kasar anak setelah melakukan tari Tradisional.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiananak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 17 anak. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan motorik kasar. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk cheklist dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif..Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) perkembangan motorik kasar anak sebelum tindakan berada pada kriteria berkembang sesuai harapan berjumlah 1 anak atau dengan presentase 5,88% dengan nilai rata-rata 49,50 (2) perkembangan motorik kasar pada saat melakukan tari Tradisional pada siklus I anak dengan kriteria berkembang sangat baik berjumlah 6 anak atau dengan presentase 35,29%, dengan nilai rata-rata 70,78 selanjutnya pada siklus II anak dengan kriteria berkembang sangat baik berjumlah 13 anak atau dengan presentase 76,47%, dengan nilai rata- rata 82,41. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perkembangan motorik kasar pada siklus II telah mencapai keberhasilan yaitu sebesar 13 orang anak atau dengan persentase 75% pada kriteria berkembang sangat baik.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tari Tradisional dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TKIT Permata Sunnah Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Tari Tradisional, Motorik Kasar
This research aims to determine children's gross motor skills when performing traditional dance and children's gross motor skills after performing traditional dance. This type of research is Classroom Action Research (PTK) with research subjects aged 5-6 years consisting of 17 children. The object of this research is improving gross motor skills. The data collection technique is through observation in the form of a checklist and documentation in the form of photos. The data analysis technique uses qualitative and quantitative analysis. Based on the research results, it can be concluded that: (1) the child's gross motor development before the action was at the criteria of developing according to expectations, amounting to 1 child or with a percentage of 5.88% with an average value of 49. 50 (2) gross motor development when performing traditional dance in cycle I of children with very well developed criteria totaling 6 children or with a percentage of 35.29%, with an average score of 70.78 then in cycle II children with very well developed criteria totaling 13 children or a percentage of 76.47%, with an average score of 82.41. This shows that the results of gross motor development in cycle II have achieved success, namely 13 children or a percentage of 75% in the criteria for very good development. It can be concluded that the use of traditional dance can improve the gross motor skills of children aged 5-6 years at TKIT Permata Sunnah Banda Aceh City
Keywords: Tradicional Dances,Groos Motor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i2.3445
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by