Metode Historical Taxonomy (HT) dalam Pembelajaran PAI di SMA

Herawati Herawati, Cut Intan Hayati

Abstract


Urgensi metode dalam suatu proses pembelajaran menjadi demikian penting dalam upaya pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran PAI. Salah satu metode yang dapat ditawarkan adalah metode Historical Taxonomy (HT) guna memenuhi kekosongan lahirnya metode-metode pembelajaran PAI yang inovatif dan variatif, serta sebagai alternatif metode pembelajaran PAI yang menarik khususnya untuk materi sejarah dan kebudayaan (tarikh). Penerapan metode HTmelibatkan lima komponen utama pembelajaran efektif, sehingga dengannya mampu meningkatkan kebermaknaan dalam proses pembelajaran.Ciri khas metode HT ditandai oleh lima komponen utama, meliputi: Category, Period, Points, Sub Point, dan Wisdom. Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode HTdalam pembelajaran PAI, khususnya pada Materi Tarikh/Sejarah Kebudayaan Islam (SKI);peneliti memilih SMA Negeri Modal Bangsa Provinsi Aceh sebagai pilot projek melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), observasi, penyebaran angket dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode HTdapat: (1) meningkatkan hasil belajar, inat, motivasi, kualitas dan keterampilan belajarnya peserta didik; (2) membantu guru dalam menyajikan materi yang menarik, sistematis, kreatif, interaktif dan menyenangkan; dan (3) melatih daya pikir dan kreatifitas peserta didik dalam menelaah materi sejarah yang demikian luas, sehingga menarik untuk dipelajari dan memberi hikmah manfaat dalam meningkatkan keimanan, kepribadian, kecakapan hidup dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian ditemukan sejumlah keterbatasan dalam penerapan metode ini, antara lain: (1) hanya dapat dilatihkan pada peserta didik tingkat SMA ke atas;(2) membutuhkan perencanaan yang matang, keterampilan dan kreatifitas guru yang mumpuni; (3) membutuhkan waktu belajar yang lama; dll.

Kata Kunci: Historical Taxonomy (HT),Pembelajaran PAI


Full Text:

PDF

References


Assegaf, Abd. Rachman. (2011).Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2008).Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachmasari, Ameillia Nur.PenerapanPembelajaran CTL dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan dan Kewarganegaraan di MAN Keboan, diakses pada tanggal 17 Desember 2013 di ejurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/viewFile/172/108.

Departemen Agama. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fiqih, Jakarta: Departemen Agama RI.

Mulyasa, E. (2003).Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Enoh. (2004). Jurnal Pendidikan, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2004.

Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo,. (2004).Metodologi Pengajaran Agama, Semarang: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online,diakses pada tanggal 24 Maret 2017.dihttp://kbbi.co.id/arti-kata/metode.

Santrock,John W. (2007).Psikologi Pendidikan, Terj. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana.

Arifin, M. (1994).Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Usman,M. Basyiruddin (2005).Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Muhaimin. (2002)Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

________. (1996).Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media.

Rifai, Muhammad. (2011).Politik Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad. (2013).Prisip-Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Chatib, Munif. (2011).Gurunya Manusia, Bandung: Kaifa.

Nurachman.Mengajar Sejarah dari Boring Menjadi Inspiring,diakses pada tanggal 24 Maret 2018, di http://m.republika.co.id/berita/jurnalismewarga/wacana/13/03/16/mjqe9u-mengajar-sejarah-dari-boring-menjadi-inspiring

Hamalik,Oemar. (1995).Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Ramayulis. (2010).Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

_________. (2010).Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman. (2011).Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Silabus Pembelajaran PAI Kelas XI Semester II SMAN Modal Bangsa Banda Aceh Tahun Pelajaran 2017/2018.

Arikunto,Suharsimi.(2011).Penelitian TindakanKelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar. (1995).Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Armstrong, Thomas. (2011).The Best Schools; Mendidik Siswa Menjadi Insan Cendekia Seutuhnya, Bandung: Kaifa.

Tim Penulis Depdiknas. (2003).Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Jakarta: Depdiknas.

Wahyuddin dkk (2009).Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi, Jakarta: Grasindo.

Daradjat, Zakiah (2002).Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v5i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda