AKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS DI SMAS FAJAR HIDAYAH BLANG BINTANG ACEH BESAR
Abstract
Salah satu upaya peningkatan prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media dalam setiap pembelajaran fisika. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengelolaan pembelajaran kinematika gerak lurus dengan memanfaatkan media, peningkatan prestasi siswa SMAS Fajar Hidayah Blang Bintang Aceh Besar setelah mengikuti PBM, dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XSMAS Fajar Hidayah Blang Bintang Aceh Besar sebanyak 35 orang. Data yang dikumpulkan diperoleh dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari lembar pengamatan, perangkat evaluasi, dan angket respon siswa. Data tentang aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kinematika gerak lurus dengan memanfaatkan media, prestasi belajar siswa, dan respon siswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru yang paling dominan muncul pada pembelajaran kinematika gerak lurus dengan memanfaatkan media adalah menciptakan masyarakat belajar melakukan inquiri dengan menggunakan media, dan melakukan refleksi di akhir pertemuan. Sedangkan aktivitas siswa yang paling dominan selama pelaksanan pembelajaran kinematika gerak lurus memanfaatkan media adalah mendengarkan informasi guru yang memanfaatkan media dan membaca buku (paket, LKS) dan mempresentasikan hasil kegiatan di depan kelas. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kinematika gerak lurus memanfaatkan media selama siklus 1, siklus 2, siklus 3, dan siklus 4 adalah tergolong dalam kategori cukup baik. Adanya peningkatan prestasi siswa setelah mengikuti pembelajaran kinematika gerak lurus dengan memanfaatkan media mencapai 40,29%. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kinematika gerak lurus dengan memanfaatkan media adalah sangat baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prestasi Belajar, dan Kinematika Gerak Lurus
One effort to improve student learning achievement is to use media in every physics lesson. The aim of the research is to determine the activities of teachers and students, the management of learning kinematics of straight motion using media, the increase in student achievement at SMAS Fajar Hidayah Blang Bintang Aceh Besar after attending PBM, and the students' responses to the implementation of learning. The object of this research was 35 students of class X SMAS Fajar Hidayah Blang Bintang Aceh Besar. The data collected was obtained using instruments consisting of observation sheets, evaluation tools, and student response questionnaires. Data regarding teacher and student activities, teacher skills in managing learning of linear motion kinematics using media, student learning achievement, and student responses were analyzed using percentage descriptive statistics. Based on data analysis, it can be concluded that the most dominant teacher activity that appears in learning straight motion kinematics using media is creating a learning community to conduct inquiries using media, and reflect at the end of the meeting. Meanwhile, the most dominant student activity during the implementation of straight motion kinematics learning using media is listening to information from teachers using media and reading books (packages, worksheets) and presenting the results of activities in front of the class. The teacher's ability to manage learning of straight motion kinematics using media during cycle 1, cycle 2, cycle 3, and cycle 4 is classified as quite good. There was an increase in student achievement after taking part in learning kinematics of straight motion using media, reaching 40.29%. The students' response to the implementation of learning about straight motion kinematics using media was very good.
Keywords: Learning Media, Learning Achievement, and Kinematics of Straight Motion
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Dessy. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.
Ahmadi dan Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2002. Pedoman Khusus Model 3 Fisika. Jakarta.
------------. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Fisika SLTP. Jakarta.
Evendi. 1999. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SLTP Pokok Bahasan Cahaya Berorientasi Pada Pembelajaran Langsung, (Thesis) Program Studi Pendidikan Sains. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1993. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Irawati, Intan. 2008. Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika. Kabar Indonesia. www.google.com
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pophan dan Baker. 1992. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Poerwadarminta. 1990. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rohani, Ahmad. 2003. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukohardjo. 2005. Miniatur Gunung Berapi Sebagai Sumber Belajar. www.google.com
Sapari, Achmad. 2005. Pendidikan dan Sensitivitas Guru Kreatif. www.google.com
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thabrani, Hasbullah. 1994. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
The Liang Gie. 1982. Cara Belajar yang Efesien. Yogyakarta: UGM.
Tim Urgen. 1997. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: IKIP Surabaya.
Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, Winarno. 1986. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yasin dan Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i2.3552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by