PENERAPAN METODE LISTENING AND DRILLING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DI MIN 6 MODEL BANDA ACEH

Yuniarti Yuniarti, Murnia Suri

Abstract


Kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV.5 MIN 6 Model Banda Aceh masih kurang maksimal terutama pada keterampilan membaca Al-Qur’an pada siswa. Dari 30 siswa hanya 10 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi membaca surah Al Qaari’ah pada Bab 8 semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Listening and Drilling dalam peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al Qaari’ah dengan baik dan benar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: a. Perencanaan, b. Pelaksanaan, c. Observasi, d. Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian non tes unjuk kerja (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan melalui: 1) observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,00 (baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,76 (sangat baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,05 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 89,0 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al Qaari’ah sesuai dengan makharijul hurufnya melalui metode listening and drilling. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa meningkat yakni pada siklus I adalah 63,08 dan pada siklus II menjadi 77,73 serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 63.5% jumlah siswa tuntas, dan pada siklus II sebesar 87,5% jumlah siswa yang tuntas.

Kata Kunci: Ketrampilan Membaca Al-Qur’an dan P enerapan M  etode Listening and Drilling

Al-Qur'an Hadith learning activities in class IV.5 MIN 6 Banda Aceh Model are still not optimal, especially in Al-Qur'an reading skills for students. Of the 30 students, only 10 students were able to achieve the KKM score in the material for reading surah Al Qaari’ah in Chapter 8 of the even semester of the 2022/2023 school year properly and correctly. The purpose of this research is to find out the application of the Listening and Drilling method in improving reading skills of the Al-Qur'an surah Al Qaari'ah properly and correctly. This research method is Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis and MC Taggart models which consist of four main steps, namely: a. Planning, b. Implementation, c. Observation, d. Reflection. The data collection techniques used were observation, interviews, non-test performance assessments, and documentation. The research results can be obtained are: 1) observation of teacher activity in the first cycle of 72.00 (good), and increased in the second cycle of 91.76 (very good). The results of observations of student activity in the first cycle were 70.05 (good) and increased in the second cycle to 89.0 (very good). 2) There is an increase in reading skills of the Al-Qur'an surah Al Qariah in accordance with the makharijul letters, through the Listening and Drilling method. This can be seen from the average grades of student classes increased, namely in cycle I was 63.08 and in cycle II 77.73 and the percentage of completeness of student learning outcomes increased from cycle I by 63.5% the number of students completed, and in cycle II by 87.5% of the number of students who pass.

Keywords: Al-Qur'an Reading Skills and the Application of the Listening and Drilling Method


Full Text:

PDF

References


Ahmad Marsuki (2020) Kelas IV. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Aini, Nurul. (2013). Penerapan Metode Drill dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas

VIII A MTs Negeri Pundong Bantul. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga

MIMA NU, (2014). Pengertian Metode Drill.

Online, diakses tanggal 2 Juli 2023.

Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ali, R. (2017). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa SDIT Bunaya Medan. Jurnal Artikel Penelitian Humaniora.

Al-Munawwir. (2007). Kamus Versi Djamarah, & Zain, A. (2006). Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasbullah. (1999). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayah, N. (2011). Pengertian dan Hukum Ilmu Tajwid, diakses tanggal 09 Juni 2011.

Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-quran pada Siswa di Kelas IV SD Kaifa Bogor.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v9i2.3558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda