Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Laju Reaksi
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model pembelajaran yang paling sesuai untuk materi laju reaksi terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas dengan jumlah sampel 23 orang pada masing-masing kelas dengan pretest-posttestnonequivalent design. Data dinalisis secara deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan data berdistribusi normal pada kedua kelas. Berdasarkan uji t sampel berpasangan pretest-posttest pada kedua kelas menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada awal dan akhir pembelajaran. Hasil posttest kedua kelas juga memiliki varian yang homogen. Hasil uji t sampel tidak berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiwa antara model pembelajaran model pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Inquiry. Nilai posttest rata-rata kelas eksperimen I dan II berturut-turut adalah 78,70 dan 70,39, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik untuk kemampuan berpikir kritis pada materi laju reaksi dibandingkan dengan model pembelajaranGuided Inquiry.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Problem Based Learning, model pembelajaran, kemampuan berpikir
Full Text:
PDFReferences
Agestiani, D. C. (2007). Kajian tentang Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Malang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Laju Reaksi. Universitas Neheri Malang.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253
Cowden, C. D., & Santiago, M. F. (2016). Interdisciplinary Explorations: Promoting Critical Thinking via Problem-Based Learning in an Advanced Biochemistry Class. Journal of Chemical Education, 93(3), 464–469.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.
Gupta, T., Burke, K. A., Mehta, A., & Greenbowe, T. J. (2015). Impact of Guided-Inquiry-Based Instruction with a Writing and Reflection Emphasis on Chemistry Students’ Critical Thinking Abilities. Journal of Chemical Education, 92(1), 32–38.
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.
Irawati, P., & Fitrihidjati, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Model Pembelajaran Guided Inquiry Materi Sistem Transportasi di Kelas VII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 217–221.
Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Mateamatika, 2(1), 11–20.
Klein, G. C., & Carney, J. M. (2014). Comprehensive Approach to the Development of Communication and Critical Thinking: Bookend Courses for Third- and Fourth-Year Chemistry Majors. Journal of Chemical Education, 91(10), 1649–1654.
Kogut, L. S. (1996). Critical Thinking in General Chemistry. Journal of Chemical Education, 73(3), 218–221.
Masek, A., & Yamin, S. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2(1), 215–221.
Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35–42.
Rafiqa, Tjandrakirana, & Soetjipto. (2017). Penerapan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Journal of Biology Education, 6(3), 265–273.
Sani, R. A., Manurung, S. R., Suswanto, & Sudiran. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.
Sudjana. (2005). Metode Statistika (6th ed.). Bandung: Tarsito.
Tripalupi, L. E., & Suwena, K. R. (2014). Statistika; Dilengkapi dengan Pengenalan Statistika dalam Analisis SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wynn, C. M. (1999). Errata : Opportunities To Promote Critical Thinking. Journal of Chemical Education, 76(2), 203.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v5i1.360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by