KESULITAN YANG DIHADAPI MAHASISWA FARMASI DALAM MEMAHAMI TEKS SAINS BAHASA INGGRIS

Rahmat Fajri, Akmaluddin Akmaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa farmasi dalam memahami teks sains bahasa Inggris. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk melakukan penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semeter kelima jurusan farmasi Universitas Ubudiyah Indonesia. Ada dua kelas mahasiswa semester lima, kelas Farmasi A dan Farmasi B yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian soal teks sains bahasa Inggris yang terdiri dari lima belas pertanyaan dimana terdapat lima item yang diuji yaitu ide pokok bacaan, informasi rinci (detail), informasi tersurat, informasi tersirat, dan kosakata bacaan. Hasil tes ini menunjukan bahwa mahasiswa kesulitan didalam memahami ide pokok bacaan, informasi tersirat, kosa kata bacaan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan memahami teks sains bahasa Inggris.

Kata Kunci: teks sains, bahasa inggris


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi 2010.Jakarta: Rineka Cipta

Brown, H. D. (2004). Language AssessmentPrinciples and Classroom Practice.aNewYork: Longman.

Cohen, L., Manien. L., & Morrrison K. (2007). Research Method in Education, SixthEdition. 2007. New York: Taylor &Francis e-Library.

Donals, A. et al. Jacobs. (2006). Introduction toResearch in Education, Seventh Edition.Belmont: Thomson Wadsworth Publisher.

Dorn, L.J., & Carla S. (2005). Teaching forDeep Comprehension. Maine: StenhousePublisher.

Lems, K.,Miller, L.D.,& Soro, T.M.(2010).

Teaching Reading to English LanguageLearners. New York: The Guilford Press.

Nurdin. (1992). Developing Students Skill in athrough Communicative Approach atSMAI.Thesis (Unpublished). Banda Aceh.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah.

Ruddel, M.R. (2005). Teaching Content Readingand Writing fourth edition.New Jersey:John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v4i2.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda