PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK SEULANGAN DAYA

Helnita Helnita, Suwaibah Suwaibah, Ahmad Nasriadi, Riza Oktariana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari kurang optimalnya perkembangan kognitif pada anak usia dini di kelompok B TK Seulanga Daya dikarenakan proses pembelajaran yang  monoton. Hal ini seharusnya menjadikan guru dalam memberikan materi pembelajaran yang aktif dan kreatif dengan bermain, anak dapat lebih berpikir kritis dan logis seperti hal yang anak lakukan yaitu menggunakan simbol, mengklasifikasikan benda dan mengurutkan benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan balok angka pada anak kelompok B Di TK Seulanga Daya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa Pra-Siklus memperoleh nilai 35%, Siklus I 70%, dan Siklus II 92%. Hal ini dapat dimaknai bahwa Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Kelompok B Di TK Seulanga Daya yang telah dilaksanakan meningkat. Sehingga persentase peningkatan kemampuan berhitung anak telah mecapai indikator keberhasilan.

 

Kata kunci: Kemampuan Berhitung, Balok Angka, Kognitif

 

 

IMPROVING COUNTING ABILITY THROUGH NUMBER BLOK GAMES IN GROUP B CHILDREN AT SEULANGA DAYA KINDERGARTEN

 

Abstract

This study is based on the less than optimal cognitive development in early childhood in group B of Seulanga Daya Kindergarten due to the monotonous learning process. This should make teachers provide active and creative learning materials by playing, children can think more critically and logically like what children do, namely using symbols, classifying objects and sorting objects. This study aims to improve counting skills through number block games in group B children at Seulanga Daya Kindergarten. This type of research is a qualitative Classroom Action Research. The subjects in this study were group B children as many as 20 children. Based on the results of the research that has been carried out, it shows that the Pre-Cycle obtained a value of 35%, Cycle I 70%, and Cycle II 92%. It can be interpreted that the ability to count through the game of number blocks in group B children at Seulanga Daya kindergarten has increased. So that the percentage increase in children's counting ability has reached the success indicator.

 

Keywords: Counting Ability, Number Blocks, Cognitive


Full Text:

PDF

References


Aisyah Siti dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, U. 2016, Juni. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan.

Daniel Mujis dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendiknas, K. P. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Mayasari, K. 2016. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 18-25.

Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. No: 137. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717-733.

Kemendiknas, K. P. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Mayasari, K. 2016. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 18-25.

Mukthtar, Z. Rita & M. Affandi. (2016). Orientasi Baru PAUD. Jakarta.

Permendikbud. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. No: 137. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugiyono. 2008. Metode Penetian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya) Cetakan II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi & Maulidya Ulfah . (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi & Maulidya Ulfah . (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini, A. 2015. Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 3(1), 118-134.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda