PENGARUH QUESTION DRILL COMPETITION (QDC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 3 SUKOHARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh question drill competition (QDC) terhadap pemahaman konsep siswa SMAN 3 Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.F.5.B sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif untuk menguji hipotesis dengan bantuan pengolah data statistik. Pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data menggunakan program SPSS 25 dengan metode paired sample t test. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest lebih besar dari nilai rata-rata hasil pretest , yang berarti ada peningkatan hasil pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan QDC. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh sebesar yang mana lebih kecil dari nilai uji asumsi yaitu , dengan demikian ditolak dan diterima. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan QDC. Dengan kata lain terdapat pengaruh pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan QDC.
Kata Kunci : Question Drill, Competition (QDC), Pemahaman Konsep
THE INFLUENCE OF QUESTION DRILL COMPETITION (QDC) ON THE UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS OF STUDENTS IN CLASS XI SMAN 3 SUKOHARJO
Abstract
This study aims to determine the effect of question drill competition (QDC) on concept understanding of students of SMAN 3 Sukoharjo. The subjects in this study were students of class XI.F.5.B as many as 35 people. The method used is quantitative to test the hypothesis with the help of statistical data processing. Data collection using tests consisting of pretest and posttest. Data analysis using SPSS 25 program with paired sample t test method. The results show that the average value of the posttest results is greater than the average value of the pretest results, which means there is an increase in the understanding of student concepts after QDC is applied. The results also show that the significant value obtained is 0.000 which is smaller than the assumption test value of 0.05, thus is rejected and is accepted. This means that there is a difference between the results of students' concept understanding before and after QDC is applied. In other words, there is an influence on students' concept understanding after QDC is applied.
Keywords : Question Drill Competition (QDC), Concept Understanding
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. https://anyflip.com/kmkpj/lnth/basic
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 5–8. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/95/75/320
Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika Oleh. 2(3), 229–235. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq-libre.pdf?1576991123=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DKonsep_matematis.pdf&Expires=1705308875&Signature=QwflC2mgAOwEh9fm15F3mooHFLM-zI5lKooLok7x1lXiiGCfujWBMgoZ24SZ~9yt5um9ArH-2Vc0-fIonKEu~9S7O1ea2VsjfAHSDDQ5cx266xIhmiPVyRoIVdkyRIikvbvypBGkdVFhRPcfGEiE8PhkhC1nQ74HxHPQEbwZ0VkOIH8tadu6Qh0g9JUyddnLbk2TdSdzDT5-suiiQXpt-BMQMlY-TjBnX3alps7jacQoU2Vw7~bTodocWAqizPaKi203WPYW7pZaP1rPD6QjzZyFTPXNZu5fUu-Ho5BqKRP~RrLjld~wWPUFs59wSoc~tGR6-iPX6k0hb4rXxCFA1A__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010
Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Khoirul, Q. (2023). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PACITAN. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14–23. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/987/
Patni, L. D. P., Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2810
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3237/pdf
Safitri, Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Wulandar, A. Y. R. (2021). FAKTOR PENTING DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP : TWO-TIER TEST ANALYSIS. 4(1), 45–55. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/8150/5891
Sembiring, J. A. B., & Verbina, S. (2023). EFEKTIVITAS KOMPETISI BREAK TEN DALAM PEMBELAJARAN. Curere, 7(2), 129–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1179
Sirwanti. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKN 2 WATAMPONE. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 58–71. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/dpi.v9i1.1910
Tutik, Wulan, S., & Nur, H. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pengukuran Satuan Berat melalui Metode Drill pada Siswa Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 225–234. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/499
Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2020). Urgensi Prinsip Kerjasama dan Kompetisi Dalam Pengelolaan Pengajaran. RAUDHAH : Pround To Be Professional Jurnal Tarbiyaj Islamiyah, 5(2), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i2.68
Wahyuni, R. (2023). PENGARUH POSITIF PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 3(1), 100–103. https://www.jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/download/138/143
Yusuf, M. (2020). Model Pembelajaran Kompetisi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. STAI Darussalam, 1(1), 61–73. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/32/30
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3694
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by