PENGARUH QUESTION DRILL COMPETITION (QDC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 3 SUKOHARJO

Septiana Wulandari, Andhika Ayu Wulandari, Suyati Suyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh question drill competition (QDC) terhadap pemahaman konsep siswa SMAN 3 Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.F.5.B sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif untuk menguji hipotesis dengan bantuan pengolah data statistik. Pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest  dan posttest. Analisis data menggunakan program SPSS 25 dengan metode  paired sample t test. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest lebih besar dari nilai rata-rata hasil pretest , yang berarti ada peningkatan hasil pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan QDC. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh sebesar  yang mana lebih kecil dari nilai uji asumsi yaitu , dengan demikian  ditolak dan  diterima. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan QDC. Dengan kata lain terdapat pengaruh pemahaman konsep siswa sesudah diterapkan QDC.

 

Kata Kunci : Question Drill, Competition (QDC), Pemahaman Konsep

 

 

THE INFLUENCE OF QUESTION DRILL COMPETITION (QDC) ON THE UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS OF STUDENTS IN CLASS XI SMAN 3 SUKOHARJO

 

Abstract

This study aims to determine the effect of question drill competition (QDC) on concept understanding of students of SMAN 3 Sukoharjo. The subjects in this study were students of class XI.F.5.B as many as 35 people. The method used is quantitative to test the hypothesis with the help of statistical data processing. Data collection using tests consisting of pretest and posttest. Data analysis using SPSS 25 program with paired sample t test method. The results show that the average value of the posttest results is greater than the average value of the pretest results, which means there is an increase in the understanding of student concepts after QDC is applied. The results also show that the significant value obtained is 0.000 which is smaller than the assumption test value of 0.05, thus  is rejected and  is accepted. This means that there is a difference between the results of students' concept understanding before and after QDC is applied. In other words, there is an influence on students' concept understanding after QDC is applied.

 

Keywords : Question Drill Competition (QDC), Concept Understanding


Full Text:

PDF

References


Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. https://anyflip.com/kmkpj/lnth/basic

Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 5–8. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/download/95/75/320

Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika Oleh. 2(3), 229–235. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq-libre.pdf?1576991123=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DKonsep_matematis.pdf&Expires=1705308875&Signature=QwflC2mgAOwEh9fm15F3mooHFLM-zI5lKooLok7x1lXiiGCfujWBMgoZ24SZ~9yt5um9ArH-2Vc0-fIonKEu~9S7O1ea2VsjfAHSDDQ5cx266xIhmiPVyRoIVdkyRIikvbvypBGkdVFhRPcfGEiE8PhkhC1nQ74HxHPQEbwZ0VkOIH8tadu6Qh0g9JUyddnLbk2TdSdzDT5-suiiQXpt-BMQMlY-TjBnX3alps7jacQoU2Vw7~bTodocWAqizPaKi203WPYW7pZaP1rPD6QjzZyFTPXNZu5fUu-Ho5BqKRP~RrLjld~wWPUFs59wSoc~tGR6-iPX6k0hb4rXxCFA1A__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING (DISCOVERY LEARNING). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010

Oktavia, F. T. A., Maharani, D., & Khoirul, Q. (2023). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PACITAN. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14–23. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/987/

Patni, L. D. P., Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2810

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3237/pdf

Safitri, Muharrami, L. K., Hadi, W. P., & Wulandar, A. Y. R. (2021). FAKTOR PENTING DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP : TWO-TIER TEST ANALYSIS. 4(1), 45–55. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/8150/5891

Sembiring, J. A. B., & Verbina, S. (2023). EFEKTIVITAS KOMPETISI BREAK TEN DALAM PEMBELAJARAN. Curere, 7(2), 129–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v7i2.1179

Sirwanti. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKN 2 WATAMPONE. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 58–71. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/dpi.v9i1.1910

Tutik, Wulan, S., & Nur, H. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pengukuran Satuan Berat melalui Metode Drill pada Siswa Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 225–234. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/499

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2020). Urgensi Prinsip Kerjasama dan Kompetisi Dalam Pengelolaan Pengajaran. RAUDHAH : Pround To Be Professional Jurnal Tarbiyaj Islamiyah, 5(2), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i2.68

Wahyuni, R. (2023). PENGARUH POSITIF PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 3(1), 100–103. https://www.jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/download/138/143

Yusuf, M. (2020). Model Pembelajaran Kompetisi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. STAI Darussalam, 1(1), 61–73. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/32/30




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda