DETERMINAN PERSEPSI PERILAKU GENERASI MILENIAL DENGAN GENERASI Z MEMPENGARUHI KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

Annisa Fitriyani, Artanti Dwi Rosadi, Fida Laila, Dewi Puspita, Ali Imron

Abstract


Abstrak

Generasi milenial dan generasi Z, sebagai dua kelompok generasi yang signifikan dalam sejarah demografi manusia, telah menjadi fokus perhatian dalam berbagai studi yang mencoba untuk memahami perilaku dan pola pikir mereka. Keduanya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan-keputusan sosial dan politik yang diambil di berbagai negara, termasuk dalam pemilihan umum. Sejak awal abad ke-21, keduanya telah menjadi subjek penelitian yang menarik karena keunikan dalam nilai-nilai, preferensi, dan perilaku mereka, yang pada gilirannya mempengaruhi dinamika politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur untuk menganalisa determinan persepsi perilaku generasi milenial dengan generasi Z mempengaruhi keputusan dalam pemilihan umum 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan perilaku generasi milenial dan generasi Z mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pemungutan suara dan dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih pemimpin yang mampu mewakili dan memperjuangkan kepentingan mereka.

 

Kata Kunci: Generasi Milenial, Generasi Z, Pemilihan Umum, Keputusan

 

DETERMINANTS OF BEHAVIORAL PERCEPTIONS OF MILLENNIALS AND GENERATION Z INFLUENCING DECISIONS IN THE 2024 GENERAL ELECTION

 

Abstract

Millennials and Generation Z, as two significant generational groups in the history of human demography, have become the focus of attention in studies that try to understand their behavior and mindset. Both have considerable influence on social and political decisions taken in various countries, including in elections. Since the beginning of the 21st century, both have become interesting research subjects due to the uniqueness of their values, preferences, and behaviors, which in turn affect political dynamics. This research uses a descriptive qualitative research method with a literature study approach to analyze the determinants of the perception of millennial generation behavior with Generation Z influencing decisions in the 2024 general election. The results of this study show that the perceptions and behaviors of Millennials and Generation Z influence their decisions in voting and can make the right decisions in choosing leaders who are able to represent and fight for their interests.

 

Keywords: Millennials, Generation Z, General Election, Decision


Full Text:

PDF

References


Budiati, S. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia.

Desika. (2024, Januari 24). Ini Perbedaan Gen Z dan Milenial saat Memilih Pemimpin di Pemilu 2024. pp. https://chatnews.id/read/ini-perbedaan-gen-z-dan-milenial-saat-memilih-pemimpin-di-pemilu-2024.

Faqi, A. F., Hasrul, M., Amaliyah, A., Iskandar, I., & Munandar, M. A. (2023). Persepsi mahasiswa sebagai pemilih pemula terhadap normalisasi politik uang dalam pemilihan umum. Integritas: Jurnal Antikorupsi.

Firamadhina, F. I., & Krishnani, H. (n.d.). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme.

Fithriya, D. N. (2024). Telaah Framing Debat Capres dalam Perspektif Pemilih Muda (Analisis Persepsi dan Preferensi Pemilih Muda pada Pemilu 2024). JURNAL ILMIAH MUQODDIMAH:Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora.

Gianie. (2023, Desember 30). Pengaruh Debat Capres-Cawapres terhadap Keputusan Pemilih. pp. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/12/30/pengaruh-debat-capres-cawapres-terhadap-keputusan-pemilih.

Hardika, E. N. (2018). Transformasi Belajar Generasi Milenial. Universitas Negeri Malang.

Indonesia, C. (2023, Agustus 11). Kacamata Gen Z & Milenial, Bagaimana Mereka Memilih Capres di 2024? pp. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230810220313-617-984631/kacamata-gen-z-milenial-bagaimana-mereka-memilih-capres-di-2024/2.

Islami, M. F. (2023, Desember 27). OPINI: Pengaruh Media Sosial Terhadap Pemilu 2024. pp. https://kpi.iainpare.ac.id/2023/12/opini-pengaruh-media-sosial-terhadap.html.

Jati, W. R. (2023). Perilaku Memilih Rasional dalam Pemilu Indonesia Kontemporer: Perbandingan Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Jurnal Adhyasta Pemilu (JAP).

Kadir, N. (2022). Media Sosial dan Politik Partisipatif: Suatu Kajian Ruang Publik, Demokrasi Bagi Kaum Milenial dan Gen Z. Jurnal Risett Sosiologi Progresif Aktual, 199.

prasetya. (2024, Februari 28). Pemilih Muda yang Minim Logika. pp. https://prasetya.ub.ac.id/pemilih-muda-yang-minim-logika/.

Purnomo, A. (2019). Generasi Z Sebagai Generasi Wirausaha . 1.

Salim, M. P. (2024, Januari 27). 16 Perbedaan Gen Z Milenial, Simak Latar Belakang Sejarah dan Sosialnya. Retrieved from Liputan 6.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda