HUBUNGAN INTENSITAS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DENGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMA ISLAM TERPADU FAJAR HIDAYAH ACEH
Abstract
Penelitian ini berjudul “Hubungan Intensistas Pendidikan Kepramukaan dengan Karakter Peserta Didik SMA Islam Terpadu Fajar Hidayah Aceh”. Penelitian ini mengangkat masalah tentang gambaran umum intensitas pendidikan kepramukaan dan perkembangan karakter siswa, kaitan antara intensitas pendidikan kepramukaan dan karakter siswa, serta aspek intensitas yang memiliki hubungan paling dominan dengan perkembangan karakter siswa SMA IT Fajar Hidayah Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA IT Fajar Hidayah Aceh dengan populasi seluruh siswa 159 siswa. Sampel penelitian menggunakan simple random sampling denganmenggunakan rumus Slovin sebanyak 117 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan model skala likert. Analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pendidikan kepramukaan siswa SMA IT Fajar Hidayah Aceh pada umumnya berada pada kategori sedang dan terdapat sebagian kecil pada kategori tinggi, sehingga kemampuan siswa dalam bidang pendidikan kepramukaan dapat dinyatakan baik; demikian pula perkembangan karakter siswa dapat dinyatakan baik dengan persentase dominan pada kategori sedang dan tinggi ditinjau dari aspek ketuhanan, diri sendiri, lingkungan dan kebangsaan; terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas pendidikan kepramukaan dengan karakter siswa SMA IT Fajar Hidayah Aceh dengan r hitung sebesar 0,509 pada taraf signifikan 0.000. Ditinjau dari keempat aspek intensitas, aspek intensitas perhatian dan aspek intensitas kegiatan merupakan dua aspek yang paling dominan berhubungan dengan karakter siswa, dimana masing-masing r hitung sebesar 0.478 dan 0,416. Sedangkan aspek intensitas lainnya yang memiliki hubungan dengan karakter siswa pada taraf interpretasi sedang yaitu aspek intensitas waktu dengan r hitung sebesar 0,348 dan aspek intensitas materi dengan r hitung sebesar 0,220 pada taraf interpretasi rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum kemampuan siswa dalam pendidikan kepramukaan dapat dikategorikan baik, terutama pada: aspek intensitas kegiatan, intensitas waktu, dan intensitas materi; pada umumnya perkembangan karakter siswa dinyatakan baik dari segi: ketuhanan, diri sendiri, lingkungan dan kebangsaan; adanya hubungan yang positif antara intensitas pendidikan kepramukaan dan karakter siswa dan menunjukkan perkembangan yang positif pula terhadap perilaku siswa sehari-hari; terutama dalam aspek kedisiplinan, kerjasama, dan cinta tanah air; serta aspek intensitas perhatian dan kegiatan merupakan dua aspek yang paling dominan memiliki hubungan dengan karakter siswa dibandingkan dengan aspek intensitas lainnya, yaitu: intensitas waktu yang memiliki korelasi sedang dan intensitas materi dengan korelasi yang rendah.
Kata kunci: Intensitas Pendidikan Kepramukaan, Karakter Peserta Didik
This research is entitled "The Relationship between the Intensity of Scouting Education and the Character of Students at Fajar Hidayah Aceh Integrated Islamic High School". This research raises the issue of a general description of the intensity of scouting education and student character development, the relationship between the intensity of scouting education and student character, as well as aspects of intensity that have the most dominant relationship with the character development of SMA IT Fajar Hidayah Aceh students. This research is descriptive correlational research with a quantitative approach. The research location is at SMA IT Fajar Hidayah Aceh with a total student population of 159 students. The research sample used simple random sampling using the Slovin formula as many as 117 students. Data collection used a questionnaire method with a Likert scale model. Data analysis uses Spearman Rank correlation analysis. The results of the research show that the intensity of scouting education for SMA IT Fajar Hidayah Aceh students is generally in the medium category and there are a small number in the high category, so that students' abilities in the field of scouting education can be stated to be good; Likewise, student character development can be expressed as good with a dominant percentage in the medium and high categories in terms of the aspects of divinity, self, environment and nationality; There is a positive and significant relationship between the intensity of scouting education and the character of SMA IT Fajar Hidayah Aceh students with a calculated r of 0.509 at a significance level of 0.000. Judging from the four intensity aspects, the attention intensity aspect and the activity intensity aspect are the two most dominant aspects related to student character, where the r values are 0.478 and 0.416 respectively. Meanwhile, other intensity aspects that have a relationship with student character at the medium interpretation level are the time intensity aspect with a calculated r of 0.348 and the material intensity aspect with a calculated r of 0.220 at the low interpretation level. The conclusion of this research is that in general students' abilities in scouting education can be categorized as good, especially in: aspects of activity intensity, time intensity, and material intensity; In general, students' character development is expressed in terms of: divinity, self, environment and nationality; there is a positive relationship between the intensity of scouting education and student character and shows positive development in students' daily behavior; especially in the aspects of discipline, cooperation and love of the country; and the intensity of attention and activity aspects are the two most dominant aspects that have a relationship with student character compared to other aspects of intensity, namely: time intensity which has a moderate correlation and material intensity with a low correlation.
Keywords: Scouting Education Intensity, Student Character
Full Text:
PDFReferences
Agolla, Joseph E. & Henry Ongori. 2009. “An Assessment of Academic Stress AmongUnder graduate Students: The Case of University of Botswana”, Educational Research and Review. Vol. 4 (2) pp. 063-070.
Ali Murthado, dari Tunas Kelapa Membangun Diri Teori dan Pengalaman Aktivitas Pramuka, Medan: Wal Asri Publishing, 2011.
Andri Bob Sunardi, Boyman Ragam Latih Pramuka, Bandung: Nuansa Muda, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Aziz. Hamka Abdul, Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati, Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2011.
Dian, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan, yang di akses pada tanggal 6 November 2023 dalam situs.
http://www.bppnfi-reg4.net/index.php/pendidikan-karakter-melalui-kepramukaan. html.
http://www.bppnfi-reg4.net/index.php/pendidikan-karakter-melaluikepramukaan. html (30/01/15)
http://www.stp.dianmandala.org/2011/09/16/pembentukan-karakter-melalui-pendidikan-oleh-dalifati-ziliwu/
Ihsan.Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Pramuka Kader Pembangunan
Bangsa, Bandung: Ganjar Negara, 1998.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Bahan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Magelang: Bina Putra Karanan, 2010.
Mu’in. Fatchul, Pendidikan Karakter (Konstruksi Teoretik dan Praktek), Yogyakarta: Ar-Ruuz Media, 2011.
Musthafa. Fuhaim, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, Surabaya: Pustaka Elba, 2010.
Q-Anees. Bambang dan Hambali. Adang, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Bandung: Refika Offset, 2008.
Samani Muchlas dan Hariyanto, “Konsep dan Model” Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Tim Penyusun, History Of The World Scout Jambore, (online), scout.org diakses pada tanggal 16 November 2014.
Tim Penyusun, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, Jakarta, 2012.
Tim Penyusun, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Modul, Sistem Pendidikan dan Pelatihan dalam Gerakan Pramuka. Jakarta: 2011.
Tim Penyusun, Undang-Undang No.12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka( online) pramukanet.org diakses pada tanggal 17 November 2014.
Tim Penyusun, Undang-undang Republik No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (online), www.books.google.co.id diakses pada tanggal 16 November 2023.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, Banda Aceh, Minggu, 22 Januari 2012.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter- Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011.
Zuchdi. Darmiyati, Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by