ANALISIS KOMPETENSI LITERASI DIGITAL MAHASISWA

Rahmat Fajri, Rahmat Alimin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ubudiyah Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan secara jelas dan tepat tentang kompetensi literasi digital mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi megenai kompetensi literasi digital mahasiswa dalam pengunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer dan jurusan farmasi ilmu kesehatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa persentase mahasiswa farmasi membaca buku digital sebanyak 82%, sedangkan mahasiswa sistem informasi berjumlah 75%. Untuk penggunaan laptop atau komputer persentase mahasiswa farmasi adalah 90%, sedangkan mahasiswa sistem informasi sejumlah 92%. Selanjutnya untuk penggunaan internet persentase mahasiswa farmasi adalah 85% sedangkan mahasiswa sistem informasi berjumlah 88%. Untuk penggunaan email persentase mahasiswa farmasi adalah 80%, sedangkan mahasiswa sistem informasi berjumlah 78%. Untuk penggunaaan blog atau web persentase mahasiswa farmasi berjumlah 76% sedangkan mahasiswa sistem informasi adalah 82%. Secara umum kompetensi literasi digital mahasiswa farmasi dan mahasiswa sistem informasi mempunyai kompetensi yang tinggi.

Kata Kunci: analisis, kompetensi, literasi, digital

 

This research was carried out by the Faculty of Computer Science and the Faculty of Health Sciences, Ubudiyah University, Indonesia. This research was carried out to clearly and precisely describe students' digital literacy competencies. The aim of this research is to obtain information regarding students' digital literacy competencies in using digital technology in the learning process. This research use desciptive qualitative approach. The subjects of this research were students majoring in information systems, computer science faculty and pharmacy majoring in health sciences. The data obtained was then analyzed using descriptive analysis. Based on the research results, it was found that the percentage of pharmacy students reading digital books was 82%, while the number of information systems students was 75%. For laptop or computer use, the percentage of pharmacy students is 90%, while information systems students are 92%. Furthermore, for internet use, the percentage of pharmacy students is 85%, while information systems students are 88%. For email use, the percentage of pharmacy students is 80%, while information systems students are 78%. For the use of blogs or websites, the percentage of pharmacy students is 76%, while information systems students are 82%. In general, the digital literacy competency of pharmacy students and information systems students has high competency.

Keywords: analysis, competency, literacy, digital


Full Text:

PDF

References


Astuti, M., Arifin, Z., Mutohhari, F., & Nurtanto, M. (2021). Competency of Digital Technology: The Maturity Levels of Teachers and Students in Vocational Education in Indonesia. J Educ Technol, 5(2), 254–262.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended Learning: The New Normal and Emerging Technologies. Int J Educ Technol High Educ, 15(1).

Ellahi, R. M., Khan, M. U. A., & Shah, A. (2019). Redesigning Curriculum in Line with Industry 4.0. Procedia Comput Sci, 151, 699–708.

Fajri, R., & Raharti, N. (2022). Membangun literasi budaya baca masyarakat dalam pemanfaatan media teknologi informasi.

Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan), 4(2), 39–42.

Herman. (2020). Ini Strategi Pemerintah Percepat Transformasi Digital. Berita Satu. Retrieved fromhttps://www.beritasatu.com/ekonomi/699419/ini-strategi pemerintah-percepattransformasi-digital

Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi, Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum.

Triwibowo, W. (2020). Gagap 3 Aspek Vital:Kuliah Online Di Tengah COVID-19 Bisa Perparah Gap Akses Pembelajaran Bermutu Bagi Mahasiswa Miskin. The Conversation. Retrievedfromhttps://theconversation.com/gagap-3-aspek-vital-kuliah-online-ditengah-covid-19-bisa-perparah-gapakses-pembelajaran-bermutubagimahasiswa-miskin-134933




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda