PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN NON PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Mutiawati Mutiawati, Yusra Meiduri, Rafni Fajriati

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki pengaruh besar bagi prestasi belajar siswa pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Anak yang mendapatkan pendidikan sejak usia dini memiliki kesiapan belajar yang lebih baik, mandiri, mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa/i berlatar belakang PAUD dan non-PAUD di SD Negeri Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan  penelitian quasi experimental. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kajhu dengan total keseluruhan siswa kelas I berjumlah 61 orang terdiri dari rombel A dan B. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini yaitu siswa/i kelas IA yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa yang berlatar belakang PAUD yaitu  yaitu 71,79 sedangkan nilai rata-rata yang dicapai oleh murid yang berlatar belakang non-PAUD yaitu 62,87, dengan nilai sig 0,000 yang artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa atau siswi berlatar belakang PAUD dan non-PAUD. Kemudian siswa/i yang berlatar belakang PAUD memiliki prestasi belajar baik dibandingkan dengan siswa/i yang tidak berlatar belakang PAUD.

Kata Kunci: PAUD, Optimalisasi, Prestasi Belajar, Mental, dan Mandiri Belajar

Early Childhood Education (ECE) has a significant influence on students' learning achievement at the elementary school level. Children who receive education from an early age have better learning readiness, independence, can optimize their potential, and can improve learning achievement in elementary school. This study was conducted to determine the difference in learning achievement between students with ECE background and those without an ECE background at Kajhu Public Elementary School in Baitussalam Subdistrict, Aceh Besar Regency. The research was conducted using quantitative research methods with a quasi-experimental research design. The study was carried out at Kajhu Public Elementary School with a total of 61 first-grade students comprising classes A and B. The sampling technique was purposive sampling, resulting in a sample of 30 students from class IA. The research instrument used a questionnaire sheet which was then analyzed using the t-test. The results showed that the average score achieved by students with an ECE background was 71.79, while the average score achieved by students without an ECE background was 62.87, with a significance value of 0.000, indicating a difference in learning achievement between students with ECE and non-ECE backgrounds. Furthermore, students with an ECE background showed better learning achievement compared to those without an ECE background.

Keywords: ECD (Early Childhood Development), Optimization, Learning Achievement, Mental, and Self-Directed Learning

 


Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, & Mutiawati. (2018). Program Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada SMP Babul Magfirah Aceh Besar. Journal of Education Science, 4(2), 42–50.

Alisia, M., Ginting, B. S., & Syari, M. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Perbaikan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar di Kota Binjai Menggunakan Metode Moora. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 79–90. https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1143

Arsoniadi, A., Mujidin, M., & Suyono, H. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2109

García, J.-V., Grau, C., & Garcés, J. (2015). Learning and behaviour of three- to five-year-old children with ADHD / Aprendizaje y conducta de niños y niñas con TDAH de tres a cinco años. Infancia y Aprendizaje, 38(4), 775–807. https://doi.org/10.1080/02103702.2015.1076268

Herawati, & Mutiawati. (2019). Dilematics Education System in Indonesia. Journal of Education Science, 5(2), 38–53.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., Setiawati, F. A., & Amalia, R. N. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Mutia, M., Rianda, Mufassirin, Putri Aranisa, & Serli Virmaningsih. (2023). Penggunaan Concept Mapping untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(1), 166–173. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i1.140

Mutiawati, Desita Ria Yusia TB, D. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Dasar (SD). Jurnal Studia Insania, 10(1), 27–44.

Mutiawati, M., & Herawati, H. (2020). Pelatihan Model Fun Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Paud Dan Sd Rumah Quran Lampriet Kota Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada …, 2(2), 40–45. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmes/article/view/1657

Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1315. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601

Nabila, R., & Utami, D. T. (2023). Manajemen PAUD. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 53–62.

Presiden RI. (1990). PP Nomor 27 Bab 1 Pasal 1 tentang Pendidikan Prasekolah. Presiden RI, 1–12.

Rafni, R., & Herawati, H. (2022). Strategi High Five Dalam Membaca Pemahaman. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(2), 324–330.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 10(2), 192–209.

Sinaga, T. S. R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Siswa Tidak Berlatar Belakang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 030352 Sipali-Pali Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2019/2020 DAIRI TAHUN AJARA. UNIVERSITAS QUALITY.

Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. In Yogyakarta: Gava Media. Kencana.

Syamsi, Z. (2022). Analisis Perbedaan Prestasi Belajar Murid Berlatar Belakang Pendidikan Anak Usia Dini dan Non-Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Inpres Pangkabinanga Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

Thyer, B. A. (2012). Quasi-experimental research designs. Oxford University Press.

Yuniar Nur’Azizah, L., Marta Lestari, B., & Magdalena, I. (2021). Dampak Mental bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri Buaran Mangga II Akibat Pembelajaran Jarak Jauh. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 121–129. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.25

Zaini, Z., & Suri, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 Dengan Metode TAI Materi Fluida Statik. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(1), 20–29.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda