PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TIPE STATION ROTATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 53 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 53 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Dalam penelitian ini terlebih dahulu diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran lebih lanjut. selanjutnya siswa diberikan pembelajaran dengan cara peneliti mengajarkan materi terkait kepada para siswa, setelah selesai pebelajaran selanjutnya siswa diberikan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil uji T satu sampel menghasilkan nilai t hitung sebesar -14,081 dan nilai t tabel sebesar 0,000. Sehingga dapat katakan bahwa nilai t hitung t tabel, dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dengan penjelasan terdapat pengaruh nyata terhadap model pembelajaran blended learning tipe station rotation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 53 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data menggunakan SPSS 22, seluruh hasil akhir pada data yang sudah dianalisis menunjukkan adanya pengaruh dari data tersebut. Maka dengan demikian kesimpulan akhir yang didapatkan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning Tipe Station Rotation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 53 Banda Aceh.
Kata Kunci: Kurikulum, Blended Learning, Station Rotation, Hasil Belajar, SPSS.
This study was conducted to evaluate the impact of the Station Rotation type Blended Learning model on student learning outcomes at SD Negeri 53 Banda Aceh. This research employs a quantitative approach. The type of research used is experimental research with a One Group Pretest-Posttest design. In this study, a pretest was given first to determine the students' initial abilities before further instruction was provided. Subsequently, the students were taught the relevant material by the researcher, and after the completion of the instruction, the students were given a posttest to determine their learning outcomes. The one-sample T-test results produced a t-value of -14.081 and a t-table value of 0.000. Thus, it can be said that the t-value is greater than the t-table value, leading to the conclusion that Ha is accepted, indicating that there is a significant effect of the Station Rotation type Blended Learning model on student learning outcomes in the Science subject at SD Negeri 53 Banda Aceh. Based on the research results, it can be concluded that based on data analysis using SPSS 22, all final results from the analyzed data show an effect from the data. Therefore, the final conclusion obtained is that there is an influence of the Station Rotation type Blended Learning model on student learning outcomes in the Science subject at SD Negeri 53 Banda Aceh.
Keywords: Curriculum, Blended Learning, Station Rotation, Learning Outcomes, SPSS.
Full Text:
PDFReferences
Ambarli, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Rotasi Dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Smp. 11(1), 16–32.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Dwiyogo, W. D. (2018). Developing a blended learning-based method for problemsolving in capability learning. Turkish Online Journal of Educational TechnologyTOJET, 17(1), 51–61.
Ferlianti, S., Mu’iz, M. S., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi dengan metode blended learning’s station rotation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 266-272.
Gunawan, G., Murtalib, M., & Sowanto, S. (2022). Efektifitas Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6 (2), 173–186. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.919
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. EJournal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.
Indah Suryawati, Israwati, Siti Sarah, N.A. (2019). Pengaruh Media Dakota Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kpk Dan Fpb Di Kelas Iv Sd Negeri Kuta Japakeh Pidie Jaya. 05, 161–170.
Syaripudin, Syaripudin, Ramdhan Witarsa, and Masrul Masrul. "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan." Journal of Education Research 4.1 (2023): 178-184.
Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166.
Muthmainnah, A., & Suswandari, M. (2020). Implementasi Station Rotation Blended Learning tehadap Motivasi Belajar dan Pendidikan Karakter Peserta Didik. 3(2), 59–64.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Felianti, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dengan Metode Blended Learning ’S Station Rotation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis. 03(03).
Sutisna, A. (2016). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada pendidikan kesetaraan program paket c dalam meningkatkan kemandirian belajar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156-168.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.
Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145-151.
Yudi Marihot, Sapta Sari, dan A. E. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA): Vol. Vol. 1 (Issue April).
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by