PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH

Safiratul Maizar, Faisal Anwar, Indah Suryawati

Abstract


Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran course review horray dan model pembelajaran make a match telah banyak dilakukan. Namun tingakt perbandingan pada model keduanya belum pernah dilakukan pada khususnya pada mata pelajaran IPAS di SD. Penelitian ini dilaksanan di SD Negeri 5 Banda Acehyang bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dengan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPAS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan  teknik purposive sampling, total responden 28 siswa dan kelas IV B sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa dilakukan dengan pemberian tes. Data diolah menggunakan SPSS 25 dengan taraf signifikan 5%  dengan uji N-Gain score diperoleh nilai mean untuk kelas CRH sebesar 0,5740 sedangkan untuk model MAM diperoleh mean sebesar 0,4242. Hasil uji-t menggunakan independen samples test CRH dan MAM menunjukkan hasil belajar yang diajarkan kedua model tersebut setara. Namun hasil belajar model pembelajaran course review horray lebih meningkat dibandingkan pembelajaran dengan model make a match dilihat dari hasil belajar  kelas CRH 1.900 > 1.690 hasil belajar  kelas MAM. Dengan demikian kesimpulan akhir yang didapatkan adalah model pembelajaran kooperatif  tipe course review horray lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPAS  di SD Negeri 5 Banda Aceh.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Course Review Horray


The learning model is a conceptual framework that describes a systematic procedure for organizing learning experiences into learning goals. The application of the course review horray learning model and the make a match learning model has been done a lot. This study was conducted at SD Negri 5 Banda Aceh and aimed at studying the effectiveness of the use of a cooperative learning model type Course Review Horray with the learning model making a match on IPAS subjects. The population in this study is a student of the IV grade in SD Negeri 5, Banda Aceh. Sampling was done using purposive sampling techniques with a total of 28 respondents and 28 students in class IV B. Data collection techniques are tested. The data was processed using SPSS 25 with a 5% significant level, with the N-Gain test score obtaining a mean value for the CRH class of 0.5740 and for the MAM model obtaining a mean of 0.4242. The results of the test using independent samples of the CRH and MAM tests showed that the learning results taught by both models were equal. However, the learning outcome of the course review horray model has increased in comparison with the learning outcome of the make-a-match model, as seen from the CRH 1.900 > 1.690 learning outcomes of the MAM class. Thus, the final conclusion obtained is that the cooperative learning model of course review Horray type is better compared to the learning model made a match on the IPAS subjects in SD Negeri 5 Banda Aceh.

Keyword: Cooperative learning, Make a Match, Course Review Horray


Full Text:

PDF

References


Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540.

Adib, H . S. (2017). Teknik pengembangan instrumen penelitian ilmiah di perguruan tinggi keagamaan islam. In Prosising Seminar Nasional & Internasional

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783.

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(2), 131. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1455

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321 34.

Faradita, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. LSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 185–192.

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–16.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Sugiyono.2012.Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suryawati,I. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Origami Pada Siswa Sekolah Dasar Dikota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2022.8.2:90-99.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i1.3884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda