PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEKOLAH DASAR

Mutiawati Mutiawati, Nisa Hastarina, Rafni Fajriati, Nelly Nelly

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Peureulak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS sekolah dasar. Jenis penelitian yang akan dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI B yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji N-Gain pada siklus 1 berada pada interpretasi sedang sedangkan pada siklus II berada pada interpretasi tinggi. Uji T Normalitas Selmograv, maka didapatkan hasil uji t yaitu 0,001 artinya adanya pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI pada mata pelajaran IPS Sekolah Dasar Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SDN 1 peureulak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Role Playing, Motivasi Belajar, Karakter

This research was motivated by the low learning motivation of grade IV students in social studies at Peureulak 1 Public Elementary School. This study aims to determine the effect of implementing the Role-Playing learning model on increasing students' motivation in elementary school social studies learning. The research to be conducted is Classroom Action Research (CAR) using a quantitative approach. The subjects in this study were students of class VI B, consisting of 12 male students and 8 female students. This study was conducted in two cycles, Cycle I and Cycle II. The results of data processing using the N-Gain test showed moderate interpretation in Cycle I and high interpretation in Cycle II. The Selmograv’s T Normality Test yielded a t-test result of 0.001 < 0.005, indicating a significant effect of the Role-Playing learning model on the learning outcomes of class VI students in Elementary School Social Studies. Based on these findings, it can be concluded that the application of the Role-Playing learning model can enhance students' motivation in Social Studies learning at SDN 1 Peureulak.

Keywords: Learning Model, Role Playing, Learning Motivation, Character


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas. In Bumi Aksara (Issue June 2023). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://www.sman2prg.sch.id/upload/file/71262145PTKAdiWahyudiNoor,S.Pd.pdf

Ashlan, S., Mutiawati, M., & Mastura, M. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Perilaku Inovatif Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Banda Aceh. Journal of Education …, 10(1), 31–40. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/3781%0Ahttps://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/download/3781/1852

Febianto, D., Nelwati, S., & Dani, A. (2024). Analisis Model Pembelajaran Rolle Playing dan Implikasi dalam Pembelajaran pada Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(1), 126–134. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i1.177

Fitriani, F., & Mutiawati, M. (2023). Pelatihan Guru Stimulasi Untuk Pengembangan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Tari Tradisional Aceh Di Tkit Permata Sunnah Kota …. Journal of Education Science, 9(2), 228–235. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/3445%0Ahttps://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/download/3445/1724

Mutia, M., Rianda, Mufassirin, Putri Aranisa, & Serli Virmaningsih. (2023). Penggunaan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(1), 166–173. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i1.140

Mutiawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisiskemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa. Journal of Education Science, 70–76. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/361

Mutiawati dkk., 2024. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini Dan Non Pendidikan Anak Usia Dini the Difference in Students ’ Learning Achievement Between Those With an Early Childhood Education Background and Those. 10(April), 76–81.

Mutiawati, Johar, R., Ramli, M., & Mailizar. (2022). Mathematical model of student learning behavior with the effect of learning motivation and student social interaction. Journal on Mathematics Education, 13(3), 415–436. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp415-436

Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1315. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601

Nasution, E. M., Suci, F. P., & Rafiq, M. (2023). Penerapan Ruang Lingkup Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 188–193. https://doi.org/10.56832/pema.v2i3.305

Payana, M. D., & Pramunsyie, H. (2019). Perancangan Media Pembelajaran English Grammar Berbasis Android. Journal of Informatics and Computer Science, 5(2), 110. https://doi.org/10.33143/jics.vol5.iss2.548

Rahayu; Mutiawati. (2020). Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Melalui Pembelajaran Matematika Kelas Kuttab Awal 3A DI Kuttab Al-Fatih Aceh. Journal of Education Science (JES), 6(April), 60–67.

Sri Suryani, Yanti Karyanti Wihardis, & Siti Rohmah. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Materi Tokoh Perjuangan Melalui Role Playing Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 408–416. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.82

Suantini, N. N., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Implementasi Teori Kognitif Sosial Bandura Melalui Media Video Animasi Cerita Rakyat Bali Untuk Meningkatkan Pendidikan Moral Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 716–727.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i2.4319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda