PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI DI SMKN 2 SIGLI
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Sigli berdasarkan observasi dan wawancara, yang menemukan bahwa nilai siswa jurusan TITL kelas XI masih di bawah rata-rata. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dalam bentuk pre-test post-test design, data dikumpulkan melalui instrumen pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Solving mengalami beberapa kendala, seperti kurangnya respons siswa selama pembelajaran dan rendahnya disiplin siswa. Meskipun demikian, hasil pre-test menunjukkan nilai rata-rata 51,30, yang masih di bawah KKM (70), namun setelah penerapan model ini, nilai post-test siswa meningkat dengan rata-rata 82,17. Penerapan model pembelajaran Problem Solving terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar mereka.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Solving
This study was conducted at SMK Negeri 2 Sigli based on observations and interviews, which revealed that the grades of 11th-grade students in the TITL program were below average. This was attributed to the students' lack of understanding of the material presented by the teachers. The study aimed to assess the effectiveness of the Problem Solving learning model in improving learning outcomes in the subject of Electrical Motor Installation. Using a quantitative approach with a pre-experimental method in the form of a pre-test post-test design, data were collected through pre-test and post-test instruments. The results showed that the implementation of the Problem Solving model faced several challenges, such as a lack of student responsiveness during lessons and low student discipline. Despite these challenges, the pre-test results indicated an average score of 51.30, which was below the minimum passing grade (70). However, after implementing this model, the post-test scores increased with an average of 82.17. The application of the Problem Solving learning model proved to be effective in enhancing students' understanding and improving their learning outcomes.
Keywords: Learning Outcomes, Problem Solving
Full Text:
PDFReferences
Achmad. 2008. Teknik Simulasi dan Permodelan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.
Semarang: Sultan Agung Press
Ahmad suryadi, Rudi, dkk. 2019. Desain dan Perencanaan Pembelajaran.
Yokyakarta: Deepublish
Alfianika, Ninit. 2016. Metode Penelitian Bahasa Indonesi. Jakarta: Deepublish.
Aminudin, Ahmad. 2012. Penegrtian Kontaktor Magnetik. Febr. Diakses pada tanggal 17 juli 2019 dari situs: http://ahmadaminudin3l1.blogspot.com
Arends. 1997. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivitis.
Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Reneka Cipta
Bule, Lengkap, 2016. Apa Tujuan Belajar. Diakses pada tanggal, 7 juli 2019 dari situs: https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/apa-tujuan-belajar-97
Cahanra. 2012. Tujuan Belajar dan Pembelajran. Diakses pada tanggal 07 juli 2019. Dari situs: https://chanra730.blogspot.com
Electrik, mechanic. 2010. Timer. diakses pada tanggal 16 juli 2019 dari situs: http://electric-mechanic.blogspot.com/2010/10/timer.html.
Elektronika, dasar. Ranggkaian Start Delta. Diakses pada tanggal 17 juli 2019 dari situs: https://elektronikadasar.info/rangkaian-star-delta.htm
Gani, Irwan. 2015. Alat Analisis Data. Yogyakarta: Andi Offset. Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi aksara
Indrawati, dkk. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangka. Jakarta: PPPPTK IPA
Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Prenadamedia Group
Jackson, Sherri.L. 2006. Reseach Methods and Statistic, A Critical Thingking Approach. Belmont: Thomson Wads Worth.
M. Hikmah, Mahi. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Matondang, Zulkifli, dkk. 2019. Evalusi Hasil Belajar. Jakarta: Yayasan kita menulis
Muhsetyo. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: univesitas terbuka Mulyana, Aina 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Solving. Diakses
pada tanggal 7 juli 2019 dari situs: http://ainamulyana.blogspot.com Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
PLC, Droid. 2018. Pengertian Thermal Overload Relay. Diakses pada pada tanggal 17 juli 2019 dari situs: https://www.plcdroid.com
Pedia, Riyan. 2017. Pengertian Pretest Postest Dalam Pembelajaran. Diakses pada tanggal 18 maret 2020. Dari situs: https://www.riyanpedia.com.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT rajagrafindo
Sahab, Ali. 2012. Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik dengan SPSS.
Surabaya: Airlangga University Press.
Soeharto. 1993. petunjuk Praktismengenai Pengertian Fungsi Format Bimbingan.Bandung: Taristo.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta Sudirman, dkk. 1991. Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 1999. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfa Beta Suhendar. 2005. programmable Logic Control. Yogyakarta: Graha Ilmu
Supriadi Saleh,Ananag, dkk. 2018. Energi dan Elektrifikasi Pertanian. Yokyakarta: Deepublish.
Syafril, Zelhendri Zen. 20017. Dasar- dasar ilmu pendidikan. Depok: kencana Tama, Gandi 2014. Definisi Pretest dan Postest. Diakse pada tanggag 18 maret
dari situs: http://ganditama-doc.blogspot.com
Teknik, Elektronika. Pengertian Led Light Emiting Diode Cara Kerja. Diakses pada tanggal 16 juli 2019 dari situs: https://teknikelektronika.com/pengertian-led-light-emitting-diode-cara- kerja/
Trikueni, desain sistem. 2014. Pengertian Push Button. A. Diakses pada taggal 16 juli 2019 dari situs: http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT bumi aksara
Wahyono, Teguh. 2013. 25 Model Analisis Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: Elex Media Komputindo
Yustiasari Liriwati, Fahrina. Kebaradaan Masyarakat Mkonomi Asen (MEA) Dalam Mendorong Senergitas Kontribusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal ilmiah. Riau.
Zaiful rosyid, Moh, dkk. 2019. Prestasi belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: renika cipta
Zona, elektro. 2014. motor Listrik. Diakses pada tanggal 07 juli 2019. Dari situs: https://zonaelektro.net
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i2.4320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by