IMPLEMENTASI PARENTING DI SD ISLAM TERPADU KOTA BANDA ACEH

Herawati Herawati, Warul Walidin AK, Sri Suyanta, Silahuddin Silahuddin, T Zulfikar

Abstract


Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) pada dasarnya merupakan sekolah berbasis Islam yang berkomitmen dalam menerapkan parenting dan keterlibatan orangtua sebagai salah satu program utama penentu keberhasilan pendidikan anak, karena sistem sekolah terpadu artinya sekolah dan orangtua bekerjasama dan terpadu dalam hal mendidik anak. Namun demikian masih ditemukan sejumlah SDIT yang belum menerapkan program parenting sejak awal didirikannya dan hal ini tentu saja bertentangan dengan makna dan sistem sekolah terpadu itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) monitoring dan evaluasi; serta (4) tantangan dan kendala implementasi parenting di SDIT Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada SDIT Nurul Islah Banda Aceh dan SDIT Bayyinah Tahfizhul Qur’ani Banda Aceh menggunakan metode penelitian kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa impelementasi parenting di SDIT Kota Banda Aceh: (1) Perencanaan parenting belum melibatkan orangtua secara komprehensif, belum memiliki panduan baku, dan kegiatan perencanaan pada setiap rapat kerja awal tahun ajaran baru dan tinjauan perencanaan pada awal semester berikutnya sekaligus rapat evaluasi pelaksanaan program parenting yang terkendala, dan hal terkait lainnya. Aspek-aspek yang ditetapkan dalam perencanaan meliputi penetapan: waktu, tempat, materi dan pemateri, serta media yang dibutuhkan dalam pelaksanaan parenting; (2) Pelaksanaan dikategorikan menjadi 3 program, yaitu: (a) program tahunan; dilakukan dua kali per tahun berupa: pertemuan di awal tahun ajaran baru dan setiap akhir semester dalam bentuk: sharing class dan seminar/workshop terkait parenting, dll; (b) program mingguan; setiap akhir pekan, berupa kegiatan: tahsin quran, kajian keislaman, buku penghubung, dll; serta (c) program parenting insidental; khusus bagi anak yang membutuhkan bantuan orangtua wali dalam penyelesaian masalah dan konsultasi tentang anak dengan waktu yang tentatif; (3) Monitoring dan evaluasi dilakukan setiap akhir semester atau per dua bulan sekali, sekaligus dilakukan monitoring efektifitas program dan analisis kendala dan kekurangan program yang dihadapi untuk selanjutnya didiskusikan dan dievaluasi di akhir semester pada saat rapat evaluasi sekolah guna memudahkan adanya tindak lanjut keberhasilan parenting Islam di masa mendatang; serta (4) Tantangan dan kendala implementasi parenting di SDIT Kota Banda Aceh, terdiri dari 2 (dua) faktor, yaitu: (a) Faktor internal, terdiri dari: (1) belum adanya kurikulum dan panduan baku, (b) fasilitas dan prasarana sekolah untuk beberapa kegiatan yang belum memadai, dan (3) belum maksimalnya pelibatan orangtua dalam perencanaan pelaksanaan kegiatan parenting di sekolah, dll; dan (b) Faktor eksternal, meliputi: (1) keterbatasan waktu orangtua karena kesibukan bekerja dan/atau menjaga anak balita, (2) kurangnya kesadaran sebagian kecil orangtua akan pentingnya parenting, dan (3) kurangnya peran serta para ayah secara kontinu dalam kegiatan parenting dengan alasan yang sama, yaitu sibuk bekerja; sehingga yang umumnya lebih berperan adalah para ibu.

Kata Kunci: Implementasi Parenting Islam, Anak Usia Pendidikan Dasar, Sekolah Dasar Islam Terpadu 

Integrated Islamic Primary Schools (SDIT) are basically Islamic-based schools that are committed to implementing parenting and parental involvement as one of the main programs that determine the success of children's education, because an integrated school system means that schools and parents work together and are integrated in terms of educating children. However, there are still a number of SDITs that have not implemented parenting programs since their inception and this is of course contrary to the meaning and system of the integrated school itself. The aim of this research is to find out: (1) planning; (2) implementation; (3) monitoring and evaluation; and (4) challenges and obstacles to implementing parenting at SDIT Banda Aceh City. This research was conducted at SDIT Nurul Islah Banda Aceh and SDIT Bayyinah Tahfizhul Qur'ani Banda Aceh with conducted by qualitative research methods in the the process of observation, interviews and documentations review. As the results of the analysis showing the four outcome in  the implementation of parenting at SDIT Banda Aceh City; (1) Parenting planning does not involve parents comprehensively, does not have standard guidelines, and planning activities at each work meeting at the beginning of the new school year and planning reviews at the beginning of the next semester as well as implementation evaluation meetings hampered parenting programs, and other related matters. Aspects determined in the planning including the determining: time, place, materials and presenters, as well as the media needed for implementing parenting; (2) Implementation is categorized into 3 programs, namely: (a) Annual program; held twice per year in the form of: meetings at the beginning of the new academic year and at the end of each semester in the form of: sharing classes and seminars/workshops related to parenting, etc.; (b) the weekly program; every weekend, in the form of activities: tahsin quran, Islamic studies, connecting books, etc.; and (c) incidental parenting programs; especially for children who need help from guardians in solving problems and consulting about children at a tentative time; (3) Monitoring and evaluation is carried out at the end of each semester or once every two months, as well as monitoring the effectiveness of the program and analyzing the obstacles and shortcomings of the program faced for further discussion and evaluation at the end of the semester during the school evaluation meeting to facilitate follow-up on the success of Islamic parenting. in the future; and (4) Challenges and obstacles to implementing parenting at SDIT Banda Aceh City, consisting of 2 (two) factors, namely: (a) Internal factors, consisting of: (1) Lack of standard curriculum and guidelines, (b) the facilities and infrastructure schools for several activities that are not adequate, and (3) less of maximum involvement of parents in planning the implementation of parenting activities at school, etc.; and (b) the external factors, including: (1) parents' limited time due to busy work and/or looking after toddlers, (2) a small number of parents' lack of awareness of the importance of parenting, and (3) lack of continuous participation of fathers in activities. parenting for the same reason, namely being busy at work; therefore the ones who  generally play a bigger role in this section are the mothers.

Keywords: Implementation of Islamic Parenting, Primary Education Age Children, Islamic Integrated Primary Schools


Full Text:

PDF

References


Al-Quranul Karim.

A. Dariyo, Psikologi Perkembangan Remaja, Bogor: Ghalia, 2004.

Abdullah Nashih ‘Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Solo: Insan kamil, 2012.

Adnan Syarif, Psikologi Qurani, Bandung:

Ahmad Suriansyah, 7 Penghambat

Citra Monikasari. Pelaksanaan Program Parenting bagi Orangtua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, September 2013.

Fauziah Manurung, Implementasi dan Implikasi Program Parenting dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta), Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, t.t.

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Pelatihan Guru dalam Desain Pembelajaran Berbasis ALDX dengan Pendekatan Terpadu, https://sekolahlm.penggerak. kemdikbud.go.id/organisasipenggerak/profilpenggerak/jaringan-sekolah-islam-terpadu-jsit-indonesia/

Jhon W. Santrock. Perkembangan Anak, terj. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2007.

Resiana Noeraini, Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 13 No. 2 Oktober 2017.

Saesti Winahyu Prabhawani, Pelibatan Orangtua dalam Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 2 Tahun ke 5, 2016.

Septia Agustina, Irawan Suntoro & Yunisca Nurmalisa. Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa, Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2013.

Syaikh Abdussalam as-Sulayman, Panduan Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi Saw, anakteladan.com: Official Publishing, 2018.

Ummi Zahidah dkk, Program Parenting: Konsep dan Tahapan Pembentukan Program Parenting, JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, Vol. 1 No. 1, 2022.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab XV Pasal 56, https://pusdiklat.perpusnas.go.id

Yulmita Sari, Nelli Raharti & Herawati, Pelaksanaan Parenting bagi Orangtua Siswa di Kuttab Al Fatih Kota Banda Aceh, Journal of Education Science (JES), Vol. 5 No. 2, Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i2.4340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda