PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V NEGERI 62 BANDA ACEH

Orisa Risni, Saudah Saudah, Indah Suryawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain prete¬st dan post-test. Subjek penelitian  adalah kelas V dengan jumlah sampel 35 siswa Data di kumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan paired sample t-test. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan post-test (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran inkuiri secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran inkuiri mampu mendorong siswa berpikir kritis dan, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan. Penerapan model pembelajaran ini memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pemahaman dan keterampilan berpikir ilmiah siswa, serta diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif di sekolah dasar.

Kata Kunci: Metode Inovatif; Peningkatan Prestasi; IPAS; Pembelajaran Aktif; Strategi Pembelajaran

Abstract : This study aims to analyze the influence of the guided inquiry learning model on improving students' learning outcomes in Social and Natural Sciences (IPAS) for Grade V at SD Negeri 62 Banda Aceh. The research utilized an experimental method with a pre-test and post-test design. The subjects were 35 students from Grade V. Data were collected through learning outcome tests administered before and after the implementation of the guided inquiry model. Data analysis involved normality testing and hypothesis testing using paired sample t-tests. The statistical test results revealed a significant difference between pre-test and post-test scores (p < 0.05), indicating that the guided inquiry learning model effectively enhances student learning outcomes. These findings suggest that guided inquiry significantly improves students' learning outcomes compared to conventional teaching methods. The application of the guided inquiry model fosters critical thinking among students, thereby creating deeper and more relevant learning experiences. This approach contributes positively to the quality of students' understanding and scientific thinking skills and is expected to serve as a reference for developing more innovative teaching methods in elementary schools.

Keywords: Innovative Methods; Achievement Improvement; Social and Natural Sciences (IPAS); Active Learning; Learning Strategies


Full Text:

PDF

References


Cárdenas-Robledo, Leonor Adriana, dan Alejandro Peña-Ayala. 2018. “Ubiquitous learning: A systematic review.†Telematics and Informatics 35(5): 1097–1132. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0736585317308274.

Erita, Erita. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran.†Economica 6(1): 72–86.

Hasibuan, Masderiani. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Eningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas iv Sd Negeri 003 SukajadI.†Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 3(3). https://ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/7073.

Marzuki M, dan Dodo Santo Boroneo. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswaPada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 1 Ambalau.†Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran (Jrpp) 6(2)(2): 356–65.

Öztürk, Bilge, Metin Kaya, dan Mustafa Demir. 2022. “Does inquiry-based learning model improve learning outcomes A second-order meta-analysis.†Journal of Pedagogical Research. https://www.ijopr.com/article/does-inquiry-based-learning-model-improve-learning-outcomes-a-second-order-meta-analysis-12478.

Prasetiyo, Mochammad Bagas, dan Brillian Rosy. 2020. “Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.†Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(1): 109–20.

Rahman, Abd et al. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.†Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1): 1–8.

Sanjani, Maulana Akbar. 2019. “Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri.†Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 11(1): 1–14.

Suhelayanti, S et al. 2023. Penerbit Yayasan Kita Menulis Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

Viqri, Denada et al. 2024. “Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka.†Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(2): 310–15. https://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp/article/view/419.

Wahyudin, Dinn et al. 2024. “Kajian Akademik Kurikulum Merdeka.†Kemendikbud: 1–143.

Wulandari, Dewi. 2022. “Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar.†Aksioma Ad-Diniyah 10(1).




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v10i2.4579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda