PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Abstract
Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah-sekolah Indonesia dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (Library Research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait pengelolaan fasilitas pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang efektif dan efisien berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Sarana yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, alat pembelajaran yang lengkap, dan akses teknologi pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya ketimpangan pengelolaan sarana dan prasarana antara daerah perkotaan dan pedesaan, di mana sekolah di daerah pedesaan sering kekurangan fasilitas dasar. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana termasuk keterbatasan anggaran, kurangnya perawatan yang terjadwal, serta perencanaan yang kurang matang. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan perencanaan yang lebih baik, pemerataan fasilitas pendidikan di seluruh daerah, serta peningkatan kapasitas pengelola fasilitas pendidikan melalui pelatihan yang berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Aminah, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Daerah Terpencil: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(2), 112-125.
Anwar, M., & Hidayat, T. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 56-68.
Dewi, S., & Setiawan, B. (2020). Birokrasi dalam Pengelolaan Dana Pendidikan: Kendala dan Solusi. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(3), 221-234.
Dina Lestari, dkk (2023). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya,1(1), 101-111.
Ellong (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1), 1-8
Ginanjar, M. H., & Jundullah, M. (2023). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMA Al-Minhaj Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam P, 6(1), 103–1017. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3693
Jannah, A., & Sontani, S. (2018). Pengelolaan Prasarana Pendidikan dalam Mendukung Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 112-126.
Megasari, R (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2 (1), 636-648.
Muslimin, Kartiko (2023). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah, Jurnal manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75-87.
Nurhaliza, H. (2020). Kesenjangan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Daerah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(4), 99-110.
Rahayu, D. (2021). Tantangan dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 10(2), 78-92.
Rahmawati, S., & Suryanto, A. (2021). Ketimpangan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 29(2), 85-98.
Sari, R. (2022). Evaluasi Pengelolaan Anggaran Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 16(1), 102-115.
Sutrisno, W. (2021). Ketimpangan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di daerah perkotaan dan pedesaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 28(1), 101-110.
Suyono, dkk (2022). Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19 (2), 211-218.
Taufik, H., & Anwar, R. (2020). Pemerataan Fasilitas Pendidikan di Daerah Tertinggal: Tantangan dan Strategi. Jurnal Pembangunan Daerah, 10(4), 200-212.
Widodo, B. (2019). Ketimpangan Pendidikan Antara Daerah Perkotaan dan Pedesaan: Sebuah Analisis. Jurnal Pembangunan Sosial, 22(1), 65-79.
Yuliana, L. (2022). Pengaruh Keterbatasan Anggaran dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 88-102.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.4793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by