PERENCANAAN PROGRAM PARENTING BERBASIS KEMITRAAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KOTA BANDA ACEH

Herawati Herawati, Pardi Pardi, Kurnia Rahmayanti, Putri Serianti, Melda Sofia, Cut Nursadrina, Syarifah Asyura, Abdul Mukti, Ismiati Ismiati

Abstract


Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) pada dasarnya merupakan sekolah berbasis Islam yang berkomitmen dalam menerapkan program parenting dan keterlibatan orangtua sebagai salah satu program utama penentu keberhasilan pendidikan anak, karena sistem sekolah terpadu artinya sekolah dan orangtua sebagai mitra dan bersinergi atau terpadu dalam mendidik anak. Namun demikian masih ditemukan sejumlah SDIT yang belum menerapkan perencanaan program parenting sejak awal didirikannya dan hal ini tentu saja bertentangan dengan makna dan sistem sekolah terpadu itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program parenting di SDIT Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada SDIT Nurul Islah Banda Aceh dan SDIT Bayyinah Tahfizhul Qur’ani Banda Aceh menggunakan metode penelitian kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan program parenting berbasis kemitraan di SDIT Kota Banda Aceh belum melibatkan orangtua secara komprehensif, belum memiliki buku panduan khusus, dan kegiatan perencanaan pada setiap rapat kerja awal tahun ajaran baru dan tinjauan perencanaan pada awal semester berikutnya sekaligus rapat evaluasi pelaksanaan program parenting yang terkendala, serta hal terkait lainnya. Aspek-aspek yang ditetapkan dalam perencanaan meliputi penetapan: waktu, tempat, materi dan pemateri, serta media yang dibutuhkan dalam pelaksanaan parenting.

Kata Kunci: Perencanaan Program, Parenting Islam Berbasis Kemitraan, Sekolah Dasar Islam Terpadu.


Integrated Islamic Elementary Schools (SDIT) are basically Islamic-based schools that are committed to implementing parenting programs and parental involvement as one of the main programs that determine the success of children's education, because the integrated school system means that schools and parents are partners and synergize or are integrated in educating children. However, there are still a number of SDITs that have not implemented parenting program planning since their inception and this of course contradicts the meaning and system of the integrated school itself. The purpose of this study was to determine the planning of parenting programs at SDIT Banda Aceh City. This study was conducted at SDIT Nurul Islah Banda Aceh and SDIT Bayyinah Tahfizhul Qur'ani Banda Aceh using qualitative research methods through observation, interviews, and documentation review. The results of the data analysis showed that the planning of partnership-based parenting programs at SDIT Banda Aceh City had not involved parents comprehensively, did not have a special guidebook, and planning activities at each work meeting at the beginning of the new school year and planning review at the beginning of the next semester as well as evaluation meetings for the implementation of constrained parenting programs, and other related matters. The aspects determined in the planning include determining: time, place, materials and presenters, as well as the media needed in implementing parenting.Keywords: Program Planning, Partnership-Based Islamic Parenting, Integrated Islamic Elementary School.




Full Text:

PDF

References


Al-Quranul Karim.

Adnan Syarif, Psikologi Qurani, Bandung:

As-Sulayman, Syaikh Abdussalam. (2018). Panduan Mendidik Anak Sesuai Sunnah Nabi Saw, anakteladan.com: Official Publishing.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja, Bogor: Ghalia.

Herawati & Kamisah. (2019). Mendidik Anak Ala Rasulullah (Propethic Parenting). Journal of Education Science (JES), Vol. 5 No. 1.

Herawati & Marniati. (2023). Perkembangan Jiwa Agama Anak. Banda Aceh: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ubudiyah Indonesia.

Herawati dkk. (2024). Implementasi Parenting di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Journal of Education Science (JES), Vol. 10 No. 2.

Herawati dkk. (2024). Program Parenting Berbasis Kemitraan untuk Sekolah Dasar. Banda Aceh: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ubudiyah Indonesia.

Herawati, dkk. (2023). Implementasi Parenting Islami dalam Mendidik Mental Spiritual Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, Vol. 5 No. 2.

Irmawati dkk. (2021). Manajemen Program Parenting di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo, Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 11 No. 1.

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Pelatihan Guru dalam Desain Pembelajaran Berbasis ALDX dengan Pendekatan Terpadu, https://sekolahlm.penggerak. kemdikbud.go.id/organisasipenggerak/profilpenggerak/jaringan-sekolah-islam-terpadu-jsit-indonesia/

Manurung, Fauziah. (t.t). Implementasi dan Implikasi Program Parenting dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta). Al-Fathonah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman.

Monikasari, Citra. (2013). Pelaksanaan Program Parenting bagi Orangtua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Noeraini, Resiana. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol. 13 No. 2.

Prabhawani, Saesti Winahyu. (20160. Pelibatan Orangtua dalam Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 2 Tahun ke 5.

Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak, terj. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Suntoro & Yunisca Nurmalisa. (2013) Peran Sekolah Islam Terpadu dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa, Bandar Lampung: Universitas Lampung.

‘Ulwan, Abdullah Nashih. (2012). Pendidikan Anak dalam Islam, Solo: Insan kamil.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab XV Pasal 56, https://pusdiklat.perpusnas.go.id

Yulmita Sari, Nelli Raharti & Herawati. (2019). Pelaksanaan Parenting bagi Orangtua Siswa di Kuttab Al Fatih Kota Banda Aceh, Journal of Education Science (JES), Vol. 5 No. 2.

Zahidah dkk. (2022). Program Parenting: Konsep dan Tahapan Pembentukan Program Parenting, JIMR. Journal Of International Multidisciplinary Research, Vol. 1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.4815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda