LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANDA ACEH

Rafni Fajriati, Murnia Suri, Annisa Qadrunnada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan literasi digital dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif yang melibatkan guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital sudah mulai diintegrasikan dalam pembelajaran, namun masih terbatas pada penggunaan perangkat teknologi sederhana dan belum optimal dalam pengembangan keterampilan digital siswa. Faktor pendukung meliputi ketersediaan fasilitas dan pelatihan guru, sedangkan kendala utama adalah keterbatasan akses internet dan minimnya sumber belajar digital. Kesimpulan penelitian ini menegaskan perlunya peningkatan dukungan infrastruktur dan pengembangan kompetensi guru agar literasi digital dapat lebih efektif dan berdampak positif pada hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Almusharraf, N., & Khahro, S. A. (2022). Challenges in digital literacy education. Journal of Education and Learning.

Fajriati, R., Mutiawati, M., & Ashlan, S. (2024). Analisis kemampuan literasi bahasa siswa kelas V SDN Banda Aceh. Journal of Education Science, 10(1), 120–124.

Haryanto, D. (2022). Tantangan Literasi Digital di Sekolah Dasar: Analisis Infrastruktur dan Kompetensi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 115–127. https://doi.org/10.31004/teknodidaktika.v24i2.1234 .

Huang, R., et al. (2020). Critical thinking and digital literacy in education. Educational Technology Research.

Ng, W., & Lim, C. (2022). Digital skills for primary school learners. Journal of Educational Computing.

Nguyen, T., et al. (2021). The role of digital literacy in education transformation. International Journal of Educational Development.

Nurhadi, & Kusuma, R. A. (2024). Pengembangan Sumber Belajar Digital Kontekstual untuk Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 9(1), 45–58. https://doi.org/10.26877/jipd.v9i1.5678

Pratiwi, Y., & Sari, M. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Studi Kasus di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.21009/jpdn.v5i1.3456

Saputra, D., & Fadli, A. (2023). Strategi Peningkatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan dan Pendampingan Berbasis Proyek. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 77–85. https://doi.org/10.31219/osf.io/pd7nq

Wijaya, H., Maulana, R., & Fitriani, S. (2021). Implementasi Literasi Digital di Sekolah Dasar: Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jipp.v10i1.9876




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.4903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda