PERAN GURU DALAM PENANGANAN ANAK HIPERAKTIF DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS SDN LAE SIMOLAP KECAMATAN SULTAN DAULAT
Abstract
Abstrak
Pendidikan merupakan aspek fundamental dalam membentuk masa depan individu, termasuk bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti anak hiperaktif atau Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik penanganan yang diterapkan guru terhadap anak hiperaktif di kelas III SDN Lae Simolap, Kecamatan Sultan Daulat. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak hiperaktif menunjukkan perilaku sulit berkonsentrasi, tidak bisa diam, sering mengganggu teman, serta kesulitan bekerja sama dalam kelompok. Dalam menghadapi hal ini, guru menerapkan lima teknik penanganan, yaitu: (1) menempatkan anak di bangku paling depan, (2) menjauhkan dari jendela/pintu untuk menghindari distraksi, (3) tidak memberikan hukuman berlebihan, (4) membuat kontrak belajar di awal pembelajaran, dan (5) melakukan kontak fisik sederhana seperti menyentuh bahu untuk menarik perhatian anak. Kendala utama yang dihadapi guru adalah rendahnya konsentrasi siswa ADHD, perilaku yang mengganggu kelas, serta resistensi dalam bekerja sama. Solusi yang diterapkan mencakup pengelolaan kelas yang lebih terstruktur, penggunaan media pembelajaran yang menarik, dan pelibatan layanan pembelajaran khusus. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam menciptakan strategi pembelajaran yang adaptif dan humanis bagi anak-anak dengan ADHD agar tercipta lingkungan belajar yang inklusif, efektif, dan menyenangkan.
Kata Kunci: ADHD, Anak Hiperaktif, Strategi Pembelajaran, Teknik Penanganan, Pendidikan Inklusif.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aisah Novia Sari, & Afifatu Rohmawati. (2020). Penanganan Anak Adhd (Attention Deficit Hiperacitivity Disorder) Di Mi Amanah Tanggung Turen. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.314
Arfah, A., Hendra, H., & Retnoningsih, R. (2025). Peran Guru Dalam Penanganan Anak Attention Deficit And Hyperactivity Disorder Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Handayani Dumu). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 211–229. https://doi.org/10.52266/pelangi.v7i1.4136
Fasihd, K., Nurvitasari, R. A., Rizqi, A. K., & Minsih, M. (2024). Peran Guru Dalam Penanganan Anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 6(1), 58–73. https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n1.p58-73
Islamiah, R., Na’imah, & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051
Mutiawati, Desita Ria Yusia TB, D. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Dasar (SD). Jurnal Studia Insania, 10(1), 27–44.
Mutiawati dkk., 2024. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini Dan Non Pendidikan Anak Usia Dini the Difference in Students ’ Learning Achievement Between Those With an Early Childhood Education Background and Those. Journal of Education Science (JES), 10(April), 76–81.
Mutiawati, Johar, R., Ramli, M., & Mailizar. (2022). Mathematical model of student learning behavior with the effect of learning motivation and student social interaction. Journal on Mathematics Education, 13(3), 415–436. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp415-436
Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1315. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601
Mutiawati, Saputra, A., Meiduri, Y., & Amalia, P. (2023). Pendeteksian Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Education Science (JES), 9(2), 170–175.
Rahayu; Mutiawati. (2020). Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Melalui Pembelajaran Matematika Kelas Kuttab Awal 3A DI Kuttab Al-Fatih Aceh. Journal of Education Science (JES), 6(April), 60–67.
Rahmawati, A. D., Lisnawati, D., & Windari, A. R. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam Pembelajaran di Kelas 2 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.317
Sabaniyah, N., & Mustakimah, M. (2025). Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Kegiatan Bermain Usia 5-6 Tahun di Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.644
Aisah Novia Sari, & Afifatu Rohmawati. (2020). Penanganan Anak Adhd (Attention Deficit Hiperacitivity Disorder) Di Mi Amanah Tanggung Turen. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.314
Arfah, A., Hendra, H., & Retnoningsih, R. (2025). Peran Guru Dalam Penanganan Anak Attention Deficit And Hyperactivity Disorder Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Handayani Dumu). PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 211–229. https://doi.org/10.52266/pelangi.v7i1.4136
Fasihd, K., Nurvitasari, R. A., Rizqi, A. K., & Minsih, M. (2024). Peran Guru Dalam Penanganan Anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 6(1), 58–73. https://doi.org/10.26740/inklusi.v6n1.p58-73
Islamiah, R., Na’imah, & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36–41. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2051
Mutiawati, Desita Ria Yusia TB, D. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Dasar (SD). Jurnal Studia Insania, 10(1), 27–44.
Mutiawati dkk., 2024. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini Dan Non Pendidikan Anak Usia Dini the Difference in Students ’ Learning Achievement Between Those With an Early Childhood Education Background and Those. Journal of Education Science (JES), 10(April), 76–81.
Mutiawati, Johar, R., Ramli, M., & Mailizar. (2022). Mathematical model of student learning behavior with the effect of learning motivation and student social interaction. Journal on Mathematics Education, 13(3), 415–436. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp415-436
Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1315. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601
Mutiawati, Saputra, A., Meiduri, Y., & Amalia, P. (2023). Pendeteksian Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Education Science (JES), 9(2), 170–175.
Rahayu; Mutiawati. (2020). Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pembentukan Akhlak Melalui Pembelajaran Matematika Kelas Kuttab Awal 3A DI Kuttab Al-Fatih Aceh. Journal of Education Science (JES), 6(April), 60–67.
Rahmawati, A. D., Lisnawati, D., & Windari, A. R. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam Pembelajaran di Kelas 2 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.317
Sabaniyah, N., & Mustakimah, M. (2025). Penanganan Anak Hiperaktif Dalam Kegiatan Bermain Usia 5-6 Tahun di Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.644
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.5074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by