EFEKTIVITAS PERMAINAN FLOWER CIRCUIT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK AL-WASHLIYAH LAMBARO SKEP BANDA ACEH
Abstract
Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, terutama pada rentang usia 5-6 tahun. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perkembangan motorik halus anak adalah metode permainan flower circuit. Di TK Al-Washliyah Lambaro Skep Banda Aceh masih banyak anak-anak belum tercapainya perkembangan motorik halus dengan baik pada saat proses belajar. Rumusan masalah, apakah permainan flower circuit efektif terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Washliyah Lambaro Skep Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas permainan flower circuit terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Al-Washliyah Lambaro Skep Banda Aceh sebelum dilakukan pembelajaran melalui permainan flower circuit anak-anak mendapatkan nilai rata-rata 6,13. Setelah dilakukan pembelajaran melalui permainan flower circuit, perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Washliyah Lambaro Skep Banda Aceh terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 11,93. Ini membuktikan bahwa permainan flower circuit efektif terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B. Hasil uji hipotesis menggunakan aplikasi Microsoft Excel menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu 0,00000226225 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya permainan flower circuit efektif terhadap perkembangan motorik halus anak. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan flower circuit dalam proses belajar mengajar efektif terhadap perkembangan motorik halus anak-anak.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dhita Paranita Ningtyas dan Duana Fera Risina, 2018. Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi untuk Meningkatkan Self Awareness anak Usia Dini, Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 2 Desember tahun 2018.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fina Surya. (2022). Perkembangan Motorik AUD. Jakarta: Guepedia.
Fitriani, Riza Oktariana. (2021). Analisis Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Tehnik Mozaik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa UBBG, Vol. 2, No. 2 Juni.
Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Hadi, Sutrisno. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husaini, Usman. (2014). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Masganti, Siti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Khadijah. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.
Masitoh, dkk. (2015). Strategi Pembelajaran TK, Tangerang: Universitas Terbuka. Monicha, Nisa. 2020. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. Jurnal Cikal Cendekia. Vol 01 No 01, Juni 2020.
Mutiah, Diana. (2016). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudjana. (2016). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafaruddin. (2015). Strategi dan Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2018.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v11i1.5156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN:Â 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by