INTENSITAS KOMUNIKASI IBU HAMIL TERHADAP JANIN SEBAGAI RANGSANGAN PENDENGARAN DAN PERKEMBANGAN OTAK DALAM PERKENALAN KOSAKATA

Murnia Suri, Nelliraharti Nelliraharti

Abstract


Abstrak

Usaha perkenalan kosa kata dapat dimulai sejak dari janin dalam kandungan melalui rangsangan. Para kandungan ahli berpendapat semakin cepat rangsangan itu diberikan akan semakin baik pula perkembangan otak janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman ibu hamil akan manfaat dari melakukan rangsangan terhadap janin dan untuk mengetahui bentuk rangsangan apa yang digunakan para ibu hamil serta intensitas rangsangan dalam bentuk komunikasi tersebut. Terdapat tiga belas orang ibu hamil dengan usia kandungan trisemester ketiga sebagai sampel pada penelitian yang dilakukan di Puskesmas di Banda Aceh dan Aceh Besar. Data yang dikumpulkan melalui wawancara langsung dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif menunjukkan bahwa para ibu hamil mengetahui dengan baik manfaat pembarian rangsangan komunikasi kepada janin untuk perkembangan indera pendengaran dan perkembangan otak janin dalam memperkenalkan kosakata. Para ibu hamil tersebut melakukan stimulasi komunikasi secara teratur. Bentuk rangsangan yang paling sering diberikan adalah memperdengarkan lantunan ayat suci al-quran, baik yang dibacakan langsung oleh sang ibu maupun diperdengarkan dari rekaman, janin juga diajak berbincang tentang kegiatan yang dilakukan sang ibu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa usaha ibu hamil dalam memberikan rangsangan kepada si buah hati akan berdampak baik untuk calon anak nantinya terutama dalam hal penguasaan kosa kata karena sang ibu telah memperkenalkannya sejak dari dalam kandungan.

 

Kata Kunci: Intensitas Komunikasi, Rangsangan Pendengaran, Intensitas komunikasi sebagai rangsangan pendengaran


Full Text:

PDF

References


Ari Sulistyawati.2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Ari Sulistyawati.2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika.

Debora Jackson. 2008. How to Talk to Babies. Phsycology and Child Education.

Elizabeth S.W. 2002. Asuhan Kebidanan. Surabaya: Pustaka Baru Press.

https// www.bidanku.com. Diakses pada 27 November 2019.

Jeremy Harmer. 2005. How to Teach English 2nd Edition. Longman

Karen. C. Comerford. 2002. Maternal Neonatal. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Nurla Isna A.2011 Printing the Character to Children Since the fetus. Banguntapan. Yokyakarta: Medical Book Publisher

Sarwono Prawiroharjo. 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka SP.

Scott Thornbury. 2000. How to Teach Vocabulary. Pearson Longman




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v5i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda