PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA

Armia Armia, Zalfie Ardian

Abstract


Inovasi dalam melakukan promosi visualisasi kampus dengan memanfaat teknologi Augmented Reality. Menurut Mustaqim (2017) Dalam sebuah sistem pasti terdapat kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali Augmented Reality. Kelebihan dari Augmented Reality adalah sebagai berikut : 1) Lebih interaktif, 2) Efektif dalam penggunaan, 3) Dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media, 4) Modeling obyek yang yang sederhana, karena hanya menampilkan beberapa obyek, 5) Pembuatan yang tidak memakan terlalu banyak biaya, 6) Mudah untuk dioperasikan. Sedangkan kekurangan dari Augmented Reality adalah: 1) Sensitif dengan perubahan sudut pandang, 2) Pembuat belum terlalu banyak, 3) Membutuhkan banyak memori pada peralatan yang dipasang. konsep Augmented Reality yang diterapkan bersifat media promosi dalam bentuk brosur. Menerapkan metode markerless, dengan dilengkapi fitur sound dan text. Menggunakan software unity untuk perancangan Augmented Reality dan software blender untuk perancangan objek 3D.

Kata kunci : Augmented Reality, promosi, objek 3D, markerless, unity.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol7.Iss1.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda