PEMBUATAN ANIMASI PROSES TERBENTUKNYA PELANGI DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER

WILDAYANI MAIVANA WILDAYANI MAIVANA, IRADATUL HASANAH IRADATUL HASANAH

Abstract


Perkembangan teknologi berbasis multimedia semakin berkembang seiring dengan kebutuhan pembelajaran pada
masyarakat luas dan siswa di sekolah. Banyak cara agar para peserta didik dapat mandiri dalam belajar, salah satunya
adalah cara penyampaian materi dengan animasi. Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat
dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Pembelajaran proses
terbentuknya pelangi merupakan salah satu materi tentang pembiasan cahaya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
bagi siswa kelas V (lima) semester 2 (dua) di Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menjadikan
animasi proses terbentuknya pelangi sebagai media pembelajaran kepada siswa. Animasi ini dibuat dengan
menggunakan software Blender. Hasil perancangan animasi proses terbentuknya pelangi berupa penjelasan dasar
mengenai proses pembiasan sinar matahari yang diuraikan dan dipantulkan oleh tetesan-tetesan air hujan yang
dikemas dalam sebuah animasi 3D. Metode pengujian animasi proses terbentuknya pelangi yaitu menggunakan
motode TAM (Technology Acceptance Model). Berdasarkan data kuisioner diperoleh hasil bahwa animasi proses
terbentuknya pelangi mampu memberikan manfaat kepada siswa-siswi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya nilai-nilai
positif pada penilaian kuisioner.


Keywords


Kata Kunci : Pembelajaran, Animasi, Pelangi, Blender, 3D, TAM.

Full Text:

PDF

References


The development of multimedia-based technology is growing along with the needs of learning in the wider community

and student in schools. Many ways for the learners to be independent in learning, one of which is the way of delivering

the material with animation. Animation is one form of visual moves that can be utilized to explain the subject matter

that is difficult to convey conventionally. The learning process of rainbow formation is one of the material about the

refraction of light in Natural Science lesson for class V students (five) semester 2 (two) in elementary school. The

purpose of this research is to make animation process of the formation of rainbow as a medium of learning to students.

This animation is created using Blender software. The result of animation design of the process of forming a rainbow

in the form of basic explanation of the process of refraction of sunlight is described and reflected by raindrops that

are packed in a 3D animation. Animation testing method of the process of rainbow formation is using TAM

(Technology Acceptance Model). Based on the questionnaire data obtained the result that the animation process of

the formation of the rainbow is able to provide benefits to the students. This is evidenced by the high positive values

on the questionnaire assessment.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss1.2604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda