PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BENDA DALAM BAHASA JEPANG (STUDI KASUS NEXTSPACE)

Isna Khairani, Sarini Vita Dew, Niza Aulia

Abstract


Pembelajaran interaktif pengenalan kata benda dalam bahasa Jepang adalah suatu bentuk media
pembelajaran interaktif yang mewujudkan sistem pembelajaran menggunakan teknologi komputer. Media
pembelajaran ini dapat membantu tenaga pengajar dan siswa dalam melakukan metode pembelajaran online/jarak
jauh. Media pembelajaran ini dibuat semenarik mungkin untuk dapat membantu daya ingat siswa dengan
menggunakan audio dan video yang menarik. Untuk menghindari metode belajar yang kurang menarik, media
pembelajaran interaktif ini menyediakan game(video bermain) dengan tetap pada konteks awal yaitu mengenal kata
benda dalam bahasa Jepang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi
langsung ke tempat penelitian yaitu private class bahasa Jepang Nextspace. Studi literatur diambil dari beberapa situs
internet, paper, artikel, makalah, dan mengunjungi langsung pemateri bahasa Jepang di Nextspace. Hasil yang dicapai
dalam penelitian ini setelah adanya media pembelajaran interaktif ini adalah kendala yang dimiliki siswa berada
angka 9,1% dari sebelumnya yaitu 54,5%. Minat siswa dalam belajar berada di angka 90,9% dari sebelumnya 50%.
Tingkat pemahaman siswa meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%, dan kualitas hasil belajar siswa
meningkat di angka 90,9% dari sebelumnya 40,9%.


Keywords


Jepang, Media Pembelajaran Interaktif, Game, Nextspace

Full Text:

PDF

References


Abdul Qohar, Assadullah. 2018. Perancangan Media

Edukasi Interaktif Ensiklopedia Astronomi

untuk Anak-anak. Jurnal Program Studi Desain

Komunikasi Visual Jurusan Seni Rupa Fakultas

Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang. 1-

Blog, Bless Techno. 2018. Belajar Membuat Game

dengan Construct 2. Available online at

https://blesstechno.blogspot.com/2018/11/bela

jar-membuat-game-dengan-construct-2.html.

(diakses 06 April 2021).

Center, Aichi Training. 2018. Sekilas Tentang Aichi

Training Center. Available online at

http://aichitrainingcenter.com/. (diakses 03

Februari 2021).

Craftpix.net. 2020. Free 2D Game Assets. Available

online at https://craftpix.net/freebies . (diakses

April 2021).

Dgraal. 2020. How to Add Different Background

Music for Each Level Construct 2 Tutorial.

Available online at https://game-

developers.org/how-to-adddifferentbackground-music-for-each-levelconstruct-2tutorial/.

(diakses

April

.

GameArt2D.com. 2021. Free Assets for Everyon.

Available online at

https://www.gameart2d.com/freebies.html.

(diakses 04 April 2021).

Hidayat, Ariska. 2017. Membuat Game Wearable

Sederhana dengan Construct 2. Available

online at

https://www.dicoding.com/blog/membangunga

me-wearable-sederhana-di-samsung-gears2/.

(diakses 06 April 2021).

Indonesia, Miracle Academy. 2019. Sejarah dan

Kelebihan Construct. Available online at

https://academy.miraclegates.com/courses/con

struct-3-untuk-pemula/. (diakses 03 Februari

.

Indonesia, Stimik Stikom. Modul Praktikum Game

Development. Sekolah Tinggi Manajemen

Informatika & Komunikasi Indonesia.

Lab ICT. Admin. 2019. Tutorial Membuat Game

Sederhana di Construct 2. Available online at

https://labict.budiluhur.ac.id/tutorialmembuatgame-sederhana-tanpa-coding-diconstruct-2/

(diakses

April

Maharani. Putri. 2018. Pengembangan Multimedia

Pembelajaran Interaktif Menggunakan

Construct 2 Tentang Suhu Dan Kalor Untuk

Siswa Kelas X SMA. Skripsi Fakultas Tarbiyah

dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden

Intan Lampung, Lampung.

Mahesa, Malvin. 2014. Memasukkan Suara dalam

Construct 2. Available online at

https://mahesadeveloper.wordpress.com/2014/

/30/memasukkan-suara-dalam-construct-2.

(diakses 25 April 2021.

Pambudi. Wahyu Arya. 2020. Menyimpan Data ke

Google Spreadsheet Kodular. Available online

at

https://kubahas.com/2020/06/08/menyimpanda

ta-ke-google-spreadsheet-kodular/. (diakses 05

Mei 2021)

Perdana, Arkan. 2020. Berkenalan dengan Google

Sheet, Aplikasi Spreadsheet yang Gratis dan

Komplit. Available online at

https://glints.com/id/lowongan/google-

sheetadalah/#.YD5Pcej7TIU. (diakses 05 Mei

Rahmalia, Nadiyah. 2020. Balsamiq, Tool Merancang

Wireframe yang Ramah bagi Designer Pemula.

Available online at

https://glints.com/id/lowongan/balsamiqadalah/

#.YDVomuj7TIU. (diakses 03 Februari 2021)

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi

Pembelajaran. Antasari Press,. Banjarmasin.

Sahara, Elgarey. 2019. Membuat Karakter Berjalan di

Construct 2. Available online at

http://elgareysahara.blogspot.com/2019/04/me

mbuat-karakter-berjalan-di-construct-2.html .

(diakses 06 April 2021)

Scirra, Ltd. 2021. Kenney's Free Assets (30,000+

Assets). Available online at

https://www.construct.net/en/forum/gamedevel

opment/tools-and-resources-27/kenneysfreeassets-30000-70995

.

(diakses

April

Soleh, Rizki M; Nurajizah, S dan Muryani, S. 2019.

Perancangan Animasi Interaktif Prosedur

Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan

Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal

Teknologi dan Informasi (JATI). Vol. 1. No. 2.

-142.

Tiya, Rina Lestari; Eka Pramono,

Adi dan Soepriyanto. 2018. E-Book

Ineraktif. Jurnal JKTP. Vol.1 No.1.71-75.

Wicakyoman. 2018. Tutorial Construct 2 - How to

Make 2D Platformer Game ( Sound Effect ).

Available online at

https://wicakyoomand.blogspot.com/2017/10/t

utorial-construct-2-how-to-make-2d_72.html.

(diakses 25 April 2021)




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol7.Iss1.2621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda