EFEK PENGARUH TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) PADA HUBUNGAN ANTAR INDIVIDU PARA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 4 ACEH BESAR
Abstract
Abstrak- Berdasarkan pengkajian awal yang penulis lakukan di MAN 4 Aceh Besar, yang berlokasi di Jl Tgk Glee Inim, Tungkop Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, beberapa isu, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, terutama ponsel pintar, di kalangan pelajar kelas XII IPS. Penggunaan handphone tersebut sering kali tidak mematuhi etika penggunaan lokasi dan jamnya. Efek dari pemanfaatan ponsel di lingkungan pendidikan, tampak dalam transformasi perilaku sosial para murid, terhadap tenaga pendidik dan teman sekelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pola pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) oleh peserta didik kelas XII IPS, menggambarkan bagaimana cara siswa berinteraksi secara sosial dengan para guru, serta sesama peserta didik di dalam sarana pendidikan, dan mengkaji secara mendalam bagaimana akibat dari pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi), terutama Telepon Pintar (Smartphone), pada hubungan antarindividu peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif, melalui menghimpun informasi melalui pengamatan, wawancara mendalam, pencatatan dokumen, serta pendekatan triangulasi. Proses analisis data terdiri dari langkah pengurangan data, penyusunan data, dan konfirmasi data. Subyek studi ini meliputi Kepala sekolah, Tenaga Pendidik, dan beberapa Peserta didik dari kelas XII IPS. Temuan dari Studi ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, terutama handphone smartphone, cenderung dilakukan di waktu dan tempat yang kurang tepat. 2) Terlihat adanya Transformasi dalam tindakan sosial para peserta didik saat penggunaan Telepon Pintar (Smartphone), yang mengakibatkan gangguan dalam interaksi sosial antara sesama siswa. 3) Akibat buruk dari pemanfaatan ponsel pintar di lingkungan sarana pendidikan meliputi: penurunan konsentrasi siswa dalam belajar, munculnya perilaku individualistik, dan mengabaikan lingkungan sekitar. Di sisi lain, dampak positifnya mencakup: membantu dalam mencari materi tambahan, mempermudah pengerjaan tugas sekolah, dan menjadi alat berwirausaha melalui penjualan online. Dengan demikian, rekomendasi untuk mengatasi akibat buruk dari pemanfaatan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah dengan menegakkan aturan dan memberikan edukasi kepada siswa tentang penggunaan yang tepat. Di samping itu, pendekatan inovatif dalam pembelajaran dapat membantu mengurangi ketergantungan pada handphone di dalam kelas.
Kata kunci: TIK (teknologi informasi dan komunikasi), Telepon Pintar (Smartphone), Hubungan antarindividu.
Abstract- Based on the initial study that the author conducted at MAN 4 Aceh Besar, which is located on Jl Tgk Glee Inim, Tungkop Darussalam District, Aceh Besar District, several issues, one of which is the use of information and communication technology, especially smart phones, among students of class XII IPS . The use of these cellphones often does not comply with the ethics of using the location and hours. The effect of the use of cell phones in the educational environment is seen in the transformation of the social behavior of students towards educators and classmates. The purpose of this research is to understand the pattern of using ICT (information and communication technology) by class XII IPS students, describe how students interact socially with teachers, as well as fellow students in educational facilities, and examine in depth the consequences of the use of ICT (information and communication technology), especially Smartphones, in the relationship between individual students at Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar. The method used in this study is descriptive qualitative, by collecting information through observation, in-depth interviews, document recording, and a triangulation approach. The data analysis process consists of data reduction, data compilation, and data confirmation. The subjects of this study included school principals, teaching staff, and several students from class XII IPS. The findings from this study show several things, namely: 1) Utilization of information and communication technology, especially mobile smartphones, tends to be done at the wrong time and place. 2) It can be seen that there is a transformation in the social actions of students when using Smartphones, which results in disturbances in social interaction between fellow students. 3) The negative consequences of using smart phones in educational facilities include: decreased student concentration in learning, emergence of individualistic behavior, and neglect of the surrounding environment. On the other hand, the positive impacts include: assisting in finding additional material, making school work easier, and becoming an entrepreneurial tool through online sales. Thus, the recommendation to overcome the negative effects of using ICT (information and communication technology) is to enforce the rules and provide education to students about their proper use. In addition, an innovative approach to learning can help reduce dependence on mobile phones in the classroom.
Keywords: ICT (information and communication technology), Smart Phones (Smartphones), Relationships between individuals.
Full Text:
PDFReferences
Aditya Ahmad fauzi, dkk, Pemanfaatan teknologi informasi di berbagai sector pada masa society 5.0, Jambi: PT. Sinpedia Publishing Indonesia, 2023.
Anisa, Nurul. 2013. Penggunaaan Jejaring Sosial “Facebook” Terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Delphie, Bandi. 2009. Psikologi Perkembangan (Anak Berkebutuhan Kusus). Sleman: Intan Sejati Klaten.
Desmita. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Euis Mukaromah, 2020, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan gairah belajar siswa, Jornal of education management & Administration review.
Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan. (Cetakan ke-2). Jakarta: Rieneka Cipta.
Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Arifin dan Cangara. 2011. Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ni komang suni astini, 2020. Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajran online masa covid-19, Jurnal ilmu pendidikan.
Qamar, Syamsuwal. 2009. Internet Masuk Sekolah Desa. Bandung : Cipta Dea Pustaka.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
Roida Pakpahan, 2020, Yuni Fitriani, Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemic virus Corona covid-19, JISAMAR.
Setiadi, Julianto Arief dkk. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ristek: Jakarta.
Sodiq Anshori, 2018, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran, Jurnal ilmu pendidikan PKn dan Sosial Budaya.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zalik Nuryana, 2019, Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan agama isla, Tamaddun.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by