PERANCANGAN VIDEO WISATA DESA DAN POTENSI UNGGULAN DI DESA PADANG SAKTI LHOKSEUMAWE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI DESA
Abstract
Abstrak - Desa Padang Sakti merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Desa ini memiliki potensi unggulan dan wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, seperti taman argowisata, perkebunan, dan beberapa tempat wisata alam lainnya. Namun, meskipun memiliki potensi tersebut, kunjungan wisatawan ke Desa Padang Sakti masih terbilang rendah. Hal ini diakibatkan karena minimnya promosi yang dilakukan terkait potensi unggulan dan wisata yang ada di desa tersebut. Video promosi ini manjadikan objek wisata dan potensi desa Padang Sakti lebih dikenal sehingga dengan adanya video ini dapat menarik lebih banyak wisatawan akan datang untuk melihat wisata yang ada di Desa Padang Sakti serta juga dapat memajukan pendapatan desa dan masyarakat di desa padang sakti. Proses perancangan dan penerapan video wisata desa dan potensi unggulan di desa padang sakti ini menggunakan metode perancangan 4D (four-D) yaitu Metode yang terdiri dari (Define, Design, Develop, Disseminate). (1) definisi, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran adalah empat tahap utama dari metode 4D. Video promosi yang telah diimplementasikan di desa padang Sakti ini dapat menjadi media yang efektif untuk mempromosikan Desa Padang Sakti sebagai destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan, hal ini dapat terlihat dari respon positif yang diberikan oleh masyarakat setelah menonton video promosi tersebut, baik dalam bentuk kunjungan ke Desa Padang Sakti atau keberlangsungan menonton video promosi tersebut. Dengan demikian, video promosi tersebut dapat memberikan manfaat bagi pengembangan pariwisata di Desa Padang Sakti, serta meningkatkan pendapatan masyarakat setempat yang terkait dengan pariwisata.
Kata Kunci:Â Video Promosi, metode perancangan 4D, Desa Wisata, Potensi Desa, Wisatawan
Abstract - Padang Sakti is a village located in Muara Satu District, Lhokseumawe City. This village has superior tourism potential that can be visited by tourists, such as tourist parks, plantations and several other natural tourist attractions. However, despite this potential, tourist visits to Padang Sakti Village are still relatively low. This is due to the lack of promotion carried out regarding the superior and tourism potential in the village. This promotional video makes the tourist attraction and potential of Padang Sakti village better known so that with this video it can attract more tourists to come to see the tourism in Padang Sakti Village and can also increase the income of the village and the community in Padang Sakti village. The process of designing and implementing village tourism videos and superior potential in Padang Sakti village uses the 4D (four-D) design method, namely a method consisting of (Define, Design, Develop, Disseminate). (1) definition, (2) design, (3) development, and (4) deployment are the four main stages of the 4D method. The promotional video that has been implemented in Padang Sakti village can be an effective medium for promoting Padang Sakti Village as a tourist destination that attracts the attention of tourists. This can be seen from the positive response given by the community after watching the promotional video, both in the form of visits to Padang Sakti Village or the continuity of watching the promotional video. Thus, the promotional video can provide benefits for tourism development in Padang Sakti Village, as well as increasing local community income related to tourism.
Keywords : Promotional Video, 4D design method, Tourism Village, Village Potential, Tourists
Full Text:
PDFReferences
Annisa Dyah Ayu, Prabhakoro Prabhoto Wiratoro, dan Agus Purwanto (2015). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Informasi Promosi Pariwisata Dan Kerajinan Batik Di Desa Krebet Kabupaten Bantul.
Anzasmoro, Hendri,Dkk. Pembuatan Videografi Sebagai Media Promosi Bitzrockshop Distro Pacitan. Jurnal Stkip Pgri Pacitan. Vol.5.No.1.2020
Armia, A., & Ardian, Z. (2021). Perancangan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Gedung Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia. JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE, 7(1), 10-16.
Edi Tjahjono, F., & Chendra Wibawa, S. (2019). Pengembangan E-Content Video Infografis Animasi 2d Dengan Menggunakan Metode 4d. It-Edu : Jurnalninformation Technology And Education, 4(02). Retrieved From Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/ItEdu/Article/View/31070
J. C. Andrews and T. A. Shimp, Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications, 10th Editi. Boston: Cengage Learning, 2017.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v9i2.3514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by