PEMBUATAN PEMODELAN TATA RUANG 3 DIMENSI GEDUNG SHOPPING CENTER PASAR ACEH

Khairunnisa Khairunnisa, Desita Ria Yusian

Abstract


Pemodelan 3D tata ruang Gedung Shopping Center Pasar Aceh dirancang untuk memberikan informasi keseluruhan tata ruang beserta fasilitas yang ada pada Gedung Shopping Center secara 3 Dimensi. Pemodelan tata ruang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan informasi dalam bentuk visualisasi 3D yang menampilkan keseluruhan kondisi tata ruang mulai dari interior, eksterior beserta keseluruhan fasilitas-fasilitas yang terdapat pada Gedung Shopping Center. Pembuatan pemodelan 3D dirancang dengan menggunakan Sketchup 2013 yang diharapkan mampu memberikan hasil berupa gambaran yang hampir mendekati bentuk aslinya. Tahap awal yang dilakukan dengan membuat denah 2D dengan perbandingan skala 1:100 untuk setiap lantai 1, 2 dan 3 gedung. Pada tahap pembuatan material dan tekstur, dilakukan dengan proses pemberian warna yang sesuai dengan data aslinya. Proses pencahayaan dilakukan untuk memberikan efek terang pada gedung. Proses akhir yang dilakukan adalah rendering gambar dengan memilih resolusi 1600x1200 pixels. Resolusi yang dipilih adalah resolusi paling tinggi untuk mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik. Pilihan dengan resolusi rendah akan menghasilkan kualitas yang lebih rendah. Hasil rendering gambar pada pemodelan 3D tata ruang Gedung Shopping Center menampilkan gambaran berupa visualisasi per-frame dari bagian-bagian yang akan dirender. Bentuk visualisasi dari pemodelan dapat memberikan informasi kepada para pengunjung mengenai gambaran tata ruang interior, eksterior beserta letak fasilitas-fasilitas yang terdapat pada Gedung Shopping Center Pasar Aceh dalam bentuk akhir 3 Dimensi.

 

Kata Kunci Gedung Shopping Center, 3D, Visualisasi, Sketchup, Rendering


Full Text:

PDF

References


Asfari, U. 2012. Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November.

Faramadhani, A. 2012. Pemodelan 3D Kampus J2 Universitas Gunadarma Menggunakan Virtual Reality Modelling Language (VRML 97). Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

Murtaza, E. 2014. Implementasi Pemodelan 3D Di Kawasan Pelabuhan Ulhee Lheu Dengan Menggunakan Sketchup 2013 dan Google Earth. Teknik Informatika Universitas Ubudiyah Indonesia.

Nurfatimah. 2013. Penelitian Deskriptif. [Online] Tersedia:http:/nurfatimahdaulay18.blogspot.c o.id/?m=1 [15 April 2016]

Prasetyo, D. J. 2008. Desain 3D Menggunakan Google Sketchup. Yogyakarta: Andi

Punaji, S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sugihartono, R.A., dkk. 2010. Animasi Kartun dari Analog Sampai Digital. Jakarta: PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol4.Iss1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda