PERANCANGAN VIDIO MOTION GRAPHIC PENGENALAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK CALON MAHASISWA DI KAMPUS UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Sulastri Sulastri, Sarini Vita Dewi

Abstract


Di tengah kompleksitas perkembangan teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry memiliki peran strategis dalam mempersiapkan calon pendidik yang mampu menguasai dan mengajarkan teknologi informasi secara efektif. Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) di UIN Ar-Raniry menjadi salah satu tempat yang paling sesuai untuk calon mahasiswa yang tertarik menggabungkan antara bidang teknologi dan pendidikan. Namun, meskipun memiliki potensi besar, masih terdapat tantangan yang perlu dihadapi oleh jurusan PTI di UIN Ar-Raniry. Beberapa di antaranya termasuk kurangnya pemahaman tentang program studi ini di kalangan masyarakat, serta perluasan jaringan kerja sama dengan industri yang lebih luas. Untuk mengatasi permasalahan menggenai kurangnya pemahaman menggenai jurusan pendidikan pendidikan teknologi informasi, maka dibuatlah video pengenalan prodi berbasis teknologi digital motion graphic, ini menjadi salah satu solusi efektif untuk memberikan informasi secara menarik dan informatif kepada calon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk merancang video motion graphic sebagai media promosi. Pengujian pada 20 responden menunjukkan tingkat kepuasan sebesar 86% dengan kategori sangat baik, Sehingga video ini efektif sebagai media pengenalan jurusan  program studi Pendidikan Teknologi Informasi.


Keywords


Vidio Motion graphic, Pendidikan Teknologi Informasi, , Pengenalan Jurusan, Calon Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


N. A. B. Sholeh and Sayatman, “Perancangan Video Motion Graphic Pengenalan Jurusan Kampus untuk Calon Mahasiswa,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 2, pp. 123–128, 2020.

A. Nahla, F. Admaja, D. Herlambang, and A. Rachmadi, “Konsep-Konsep yang Berhubungan dengan Penguasaan Keterampilan Mengajar Dalam Mata Kuliah Microteaching oleh Mahasiswa Calon Guru Teknologi Informasi,” vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2020.

T. Wibowo and T. J. T. Ding, “Perancangan dan Pengembangan Video Dokumenter Almanac Chinese Dengan Menggunakan Motion Graphic,” Comb. Manag. Business, Innov. Educ. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 767–775, 2021.

I. S. DEWANTO and D. V. MULYADI, “Efektivitas Flat Design dalam Motion Graphic ‘Pentingnya Rating Usia Film Bagi Anak,’” MIND J., vol. 5, no. 2, pp. 149–159, 2021, doi: 10.26760/mindjournal.v5i2.149-159.

R. H. Gunawan, “Pembuatan Absensi Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall Untuk Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Ipi Garut,” Gunahumas, vol. 2, no. 1, pp. 318–328, 2020, doi: 10.17509/ghm.v2i1.23052.

Sunardi Adha, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa,” pp. 1–96, 2023.

L. Hijrah, M. F. Arransyah, K. Putri, N. Arija, and R. K. Putri, “Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda,” vol. 3, no. 1, pp. 98–106, 2021.

A. Fatah, R. Sudiana Program Studi Pendidikan Matematika, and U. Sultan Ageng Tirtayasa, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Berbantuan Doratoon,” J. Inov. dan Ris. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 3, pp. 193–203, 2023,

M. Sari, H. Rachman, N. Juli Astuti, M. Win Afgani, and R. Abdullah Siroj, “Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif,” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 3, no. 01, pp. 10–16, 2022, doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1953.

. M. Siddiq, “Sejarah Uin Ar-Raniry Banda Aceh Menggunakan Adobe Animate Skripsi Diajukan Oleh Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi 2023 M / 1444 H,” 2023.

D. N. Rahmawati, A. F. Nisa, D. Astuti, F. Fajariyani, and S. Suliyanti, “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam,” Dawuh Guru J. Pendidik. MI/SD, vol. 2, no. 1, pp. 55–66, 2022, doi: 10.35878/guru.v2i1.335.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v11i1.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda