TOWER PARKING SEBAGAI USULAN DESAIN PARKIR DI JALAN KARTINI GAMPONG PEUNAYONG, KUTA ALAM, BANDA ACEH
Abstract
Jalan Kartini di Gampong Peunayong merupakan kawasan perdagangan yang padat di Kota Banda Aceh, namun memiliki keterbatasan lahan parkir yang menyebabkan kemacetan, terganggunya sirkulasi, dan menurunnya nilai estetika kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan solusi parkir vertikal melalui desain Tower Parking sebagai jawaban atas permasalahan keterbatasan lahan parkir di area tersebut. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tower Parking mampu mengoptimalkan pemanfaatan lahan sempit secara vertikal, meningkatkan keteraturan, efisiensi sirkulasi, dan kenyamanan pengguna. Sistem otomatis dalam Tower Parking juga menjadikan proses parkir lebih praktis dan tertata. Lokasi yang diusulkan untuk pembangunan Tower Parking adalah area kosong di sisi kanan Jalan Kartini yang strategis dan tidak mengganggu aktivitas pasar. Dengan implementasi Tower Parking, diharapkan dapat mengatasi permasalahan parkir serta meningkatkan kualitas tata ruang kawasan perdagangan tersebut.
.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2020). Smart Parking System for Urban Cities. Jurnal Teknologi Kota, 4(2), 85-92.
Amri, R. (2021). Analisis Potensi Investasi pada Kawasan Perdagangan Perkotaan. Jurnal Ekonomi dan Tata Ruang, 5(1), 45-53
Bappeda Banda Aceh. (2019). RTRW Kota Banda Aceh 2020–2039. Pemerintah Kota Banda Aceh
Calthorpe, P. (2011). Urbanism in the Age of Climate Change. Island Press
Halim, S. (2014). Manajemen Transportasi dan Dampaknya terhadap Perdagangan Kota. Jurnal Infrastruktur, 2(1), 23-29.Alexander, D., et al. (2006). Principles of Emergency Planning and Management. Oxford University Press.
Hidayat, M. (2017). Evaluasi Efisiensi Lahan Parkir Vertikal di Perkotaan. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil.BNPB. (2020). Panduan Desain Shelter Evakuasi Tsunami. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Hidayatullah, R., & Nugroho, Y. (2019). Kebijakan Zonasi Parkir untuk Kota Padat. Jurnal Planologi, 12(3), 119-129
Kim, Y. J., & Lee, S. H. (2016). Automated Parking Systems in High Density Cities: A Korean Case Study. Journal of Urban Mobility, 7(1), 15–27
Kusnadi, D. (2018). Efektivitas Sistem Parkir Bertingkat di Jakarta Pusat. Jurnal Transportasi, 6(2), 66–74.
Litman, T. (2013). Parking Management: Strategies, Evaluation and Planning. Victoria Transport Policy Institute.
Marfai, M. A., & Yuliastuti, N. (2011). Kajian Walkability pada Ruang Publik Kota. Jurnal Tata Kota, 15(1), 33–42.
Munawar, A. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset, Yogyakarta.
Nugraha, I. (2018). Keamanan Penggunaan Lift Parkir Otomatis pada
Putri, A. D., & Darmawan, S. (2020). Pemanfaatan Lahan Residual untuk Parkir Vertikal. Jurnal Tata Ruang, 8(3), 121–129.
Rahmawati, D., & Kurniawan, A. (2020). Inovasi Sistem Parkir Vertikal pada Kawasan Perdagangan. Jurnal Inovasi Arsitektur, 3(1), 47–58.
Rizky, M. A., & Susanti, R. (2022). Efisiensi Biaya Operasional Tower Parking vs Parkir Konvensional. Jurnal Riset Perkotaan, 7(2), 88–95.
Santosa, B. (2015). Studi Pondasi pada Sistem Parkir Vertikal. Prosiding Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada.
Setiawan, A. (2019). Estetika dan Kerapian Kawasan Perdagangan di Perkotaan. Jurnal Arsitektur Nusantara, 6(1), 73–81.
UN-Habitat. (2018). Parking Management in Cities: Global Practices and Recommendations. United Nations Human Settlements Programme.
Wijaya, H., & Sari, N. (2021). Perancangan Sistem Kendali Parkir Otomatis. Jurnal Teknologi dan Informatika, 5(2), 102–110.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v11i1.4954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by