EVALUASI KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP ELEMEN FISIK DAN PENATAAN KAWASAN MASJID OMAN AL-MAKMUR KOTA BANDA ACEH
Abstract
Abstrak— Masjid Oman Al-Makmur di Kota Banda Aceh merupakan salah satu masjid dengan tingkat kunjungan tinggi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat aktivitas sosial, pendidikan, dan wisata religi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengunjung terhadap elemen fisik dan penataan kawasan masjid, mencakup aspek pelayanan, fasilitas, vegetasi, dan aksesibilitas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 140 responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung berada pada kategori sangat puas untuk aspek kondisi pelayanan (4,33), ketersediaan fasilitas (4,45), kondisi fasilitas (4,42), kondisi vegetasi (4,21), ketersediaan aksesibilitas (4,22), dan kondisi aksesibilitas (4,36). Sedangkan kategori puas terdapat pada aspek ketersediaan pelayanan (4,03) dan ketersediaan vegetasi (4,13). Temuan ini mengindikasikan bahwa pengelolaan kawasan Masjid Oman Al-Makmur telah memenuhi ekspektasi pengunjung. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pengelola masjid melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas penunjang seperti area parkir, toilet, serta fasilitas ramah difabel, serta meningkatkan pemeliharaan vegetasi dan penataan kawasan untuk memperkuat kenyamanan dan daya tarik masjid secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ernawati. J. “Pengaruh aspek arsitektur dan perencanaan kota terhadap terbentuknya ikatan batin dengan suatu tempat (place attachment)”. Jurnal RUAS, 2014, 1(12), 76-90.
Inglis, J., Deery, M., & Whitelaw, P, The development of place attachment in parks. CRC Tech Report Feedback National Library of Australia for Sustainable Tourism. 2008.
Kotler. P, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehalindo. 2003.
Gerson, Richard F, Mengukur Kepuasan Pelanggan, Penerbit PPM, Jakarta. 2002
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia. 2014
Lupiyoadi, R., A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat. 2006.
Hariyadi, F., Widyastuti, D., & Joni, P, “Identifikasi Kualitas Fisik Taman Kota Sebagai Ruang Terbuka Publik”. Jurnal Bumi Indonesia. 2015. 1-4.
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.v11i1.5193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by