RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL ACEH BERBASIS FLASH

Muhammad Haris Zulfikar, Desita Ria Yusian, Kasat Kasat, Dasmita Dasmita

Abstract


ABSTRAK

Multimedia interaktif menjadi salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang memadukan

antara teks, gambar, animasi, audio dan video serta interaktifitas yang saling berkaitan. Proses pembelajaran yang hanya menggunakan media konvensional menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Materi pembelajaran yang bersifat konvensional menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi kurang jelas sehingga perlu adanya visualisasi materi yang konvensional  menjadi  lebih  konkrit.  Belum  tersedianya  multimedia interaktif  pembelajaran yang berbasis komputer. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif yang  valid  sebagai  media  pembelajaran  kesenian  untuk  siswa  pokok  bahasan  jenis  alat  musik tradisional Aceh. Penelitian ini menggunakan model pengembangan kualitatif yaitu dalam pelaksanaanya digunakan untuk meneliti pada objek alamiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikaji bahwa secara keseluruhan media yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid atau layak untuk dijadikan  media  sebagai  penunjang belajar  dalam  mata  pelajaran  Kesenian dengan pokok bahasan alat musik tradisional Aceh.

 

Kata Kunci :  Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kesenian Aceh.


Full Text:

PDF PDF

References


Arianto, 2011, Animasi dengan Macromedia Flash CS3, Yogyakarta: Andi Publisher.

Ariasdi. 2013. Pengantar Media Periklanan.

Yogyakarta: Widya Press.

Arsyad, Azhar, 2012, Media Pembelajaran.

Jakarta : Rajawali Press, hal. 3

Iwan H.M , 2010, Muatan Lokal: Kesenian Aceh, Banda Aceh : Pustaka Warga Negara, Hal. 38-41

Pandu,W.D. 2010. Tutorial 5 Hari Menguasai Adobe Flash CS4 – edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Publisher.

Suparman , M. Atwi, 2011, Desain Instruksional, Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka, hal. 187

Suyanto, M., 2013, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta : Andi, hal. 255-290

Suyanto, M. dan Yuniawan, Aryanto. 2012.

Merancang Film Kartun Kelas

Dunia. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wahana. 2011. Panduan Aplikatif dan Solusi Adobe Flash Untuk Membuat Animasi Kartun - edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Publisher.




DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss2.553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda