PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN ACEH BERBASIS ADOBE FLASH
Abstract
ABSTRAK
Pemanfaatan teknologi secara otomatis memberi kemudahan dalam penyampaian sebuah informasi. Dalam penelitian ini pemanfaatan teknologi dapat dilakukan dengan menggunakan animasi untuk menyampaikan pengetahuan tentang sejarah pahlawan  Aceh  yang telah berjasa dalam mempertahankan daerah tanah lahirnya, dan juga mempunyai peran penting
terhadap kemerdekaan negara Indonesia ini dalam mempertahankan wilayah ujung barat pulau sumatera dari penjajahan bangsa asing. Namun sayangnya pengetahuan terhadap sejarah perjuangan pahlawan Aceh pada generasi muda masih rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya minat generasi muda dan kurangnya kepedulian masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan sejarah kepada generasi muda. Dari permasalahan ini maka penulis melakukan penelitian tentang perancangan
animasi interaktif pengenalan tokoh pahlawan Aceh berbasis Adobe Flash. Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Flash Professional CS5, Adobe Photoshop, Format Factory, dan GoldWave sebagai software pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan metode penelitian yang lebih difokuskan dengan situasi atau  fenomena-fenomena yang diteliti. Adapun juga tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memperkenalkan dan memberi ilmu pengetahuan sejarah pahlawan Aceh kepada setiap generasi muda dan untuk mengingatkan kembali atau mengenang akan jasa para pahlawan.
Â
Kata Kunci : Pahlawan Aceh, Animasi Interaktif, Sejarah
Full Text:
PDFReferences
Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA). Jurnal STMIK Bina Sarana Global
Dayat, Heri. 2011. Menjadi Master Photoshop Untuk Pemula dari
Nol Hingga Mahir. Penerbit Dunia Komputer
Haryadi, Edy. 2014. Hero(2): Malahayati, Laksamana Muslimah Penakluk Penjajah. http://m.dream.co.id/dinar/keumala- hayati-laksamana-muslimah-penakluk-penjajah--
w.html, Diakses pada tanggal 8 Desember 2015
MADCOMS. 2011. Kupas Tuntas Adobe Flash Professional CS5.
Yogyakarta : Penerbit Andi
Putra, Ilham Eka, S.kom., M.Hum. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal STMIK Indonesia Pandang
Redaksi, 2012. Sejarah Panglima Polem. http://www.tendasejarah.com/2012/11, Diakses pada tanggal 9 Desember 2015
Rusdi, Zulkifli. 2013. Aplikasi Media Pembelajan Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia Menggunakan Metode Computer Assisted Instructions(CAI). Jurnal STMIK Budidarma Medan
Sugihartono, R.A., Basnender Herryprilosadoso, & Asmoro Nurhadi. 2010. Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital, Jakarta : Penerbit PT.Indeks
Thajeb, Dr. Sjarif, et al. 1987. Pocut Meurah Intan Srikandi Nasional Dari Tanah Rencong. Jakarta : Penerbit Yayasan TP Aceh
Wanti, Irini Dewi, et al. 1996. Enam Pahlawan Nasional Asal Aceh. Banda Aceh : Penerbit Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional
DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol5.Iss2.556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by