Pengenalan Aplikasi Kebudayaan Aceh Menggunakan Augmented Reality Pada Pramuwisata Aceh

Jamis Salam, Mulkan Fadhli

Abstract


Abstrak – Pemanfaatan teknologi memberikan kemudahan dalam menyampaikan informasi terutama teknologi perangkat komunikasi yang berkembang saat ini. Pada penelitian ini penyampaian informasi pengenalan kebudayaan Aceh dikembangkan dalam bentuk teknologi Augmented Reality (AR), yang menggabungkan dunia maya kedalam dunia nyata dengan memanfaatkan fitur kamera pada smartphone. Tujuan aplikasi ini sebagai media edukasi dan informasi pengenalan kebudayaan Aceh dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Dengan kemampuan AR dalam visualisasi bentuk objek, maka aplikasi ini dibuat sebagai media edukasi dan penyampaian infromasi kebudayaan Aceh dimana user dapat berinteraksi dengan objek tersebut. Teknologi AR memudahkan user berinteraksi dengan menggunakan objek  2 dimensi maupun 3 dimensi. Metode Augmented Reality  yang digunakan adalah Marker Based Tracking, oleh karena itu dibutuhkan marker masing-masing objek untuk menampilkan objek pada aplikasi Augmented Reality. Aplikasi dengan teknologi AR ini dikembangkan pada pramuwisata Aceh, sehingga dapat membantu pramuwisata dalam mengenalkan kebudayaan di Aceh. Konten aplikasi ini berisi video dan objek 3D sebagai objek yang ditampilkan pada aplikasi. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur zoom in, zoom out, dan rotate pada objek 3D yang tampil sehingga user dapat mengamati sisi objek 3D tersebut yang akan terlihat semakin lebih nyata. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis android dengan menggunkan buku marker sebagai objek untuk menampilkan objek pada aplikasi smartphone android.

 

Kata Kunci: Augmented Reality, Kebudayaan Aceh, Pramuwisata, Virtual Tour Guide.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33143/jics.Vol6.Iss1.876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google Schoolari-Journalsi-FocusPortal Garuda