STRATEGI MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI ERA PANDEMI COVID 19

Herawati Herawati, Armia Armia, Rizka Albar

Abstract


Abstrak

Pandemi covid 19 menyebabkan 1,4 milyar siswa terdampak. Pendidikan berubah drastis ditandai dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Dengan kata lain krisis pendidikan ini berdampak pada ditutupnya seluruh sekolah dan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan sejumlah teknologi semisal zoom, googlemeet, google classroom, dan sebagainya sebagai teknologi penunjang tatap muka pembelajaran atau kelas tempat pertemuan guru dan siswa. Namun penggunaan media daring ini menghadapi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran, di antaranya: pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dihadapkan oleh berbagai persoalan jaringan di masyarakat. Sebab, tidak semua guru, siswa serta orang tua siap dalam pembelajaran daring ini. Persoalan disparitas teknologi antar rumah tangga, disparitas jaringan internet antar daerah, serta literasi teknologi guru dan orang tua yang bervariasi masih banyak ditemukan, tidak terkecuali masalah kurangnya kreativitas pembelajaran di era pembelajaran daring pandemi covid 19. Kurangnya kreativitas siswa menjadi salah satu masalah utama yang perlu segera diatasi oleh seluruh pihak terkait, sebagai bentuk upaya mewujudkan cita-cita/tujuan pendidikan nasional tersebut membutuhkan berbagai strategi; salah satunya adalah dengan melakukan seminar pengbadian masyarakat “Strategi Meningkatkan Kreativitas Siswa di Era Pandemi Covid 19†yang sekiranya dapat membuka cakrawala dan wawasan berpikir guru dan praktisi terkait agar senantiasa inovatif dan inisiatif dalam proses pembelajaran agar kreatifitas siswa senantiasa terjaga dan semakin meningkat secara signifikan kendati di era pandemi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pada guru, terutama guru SMK/SMA yang mengajar desain arsitektur yang menuntut daya kreativitas yang mumpuni guna melahirkan para calon arsitek yang handal dan kreatif. Setelah pelaksanaan webinar pengabdian dapat disimpulkan bahwa: (1) seluruh peserta menunjukkan respon positif terhadap berbagai kegiatan terkait upaya-upaya memfasilitasi berbagai kemudahan dalam menjaga kualitas pendidikan di era pandemi, (2) adanya peningkatan kreatifitas peserta dalam proses pembelajaran dengan adanya komunikasi intens peserta setelah pelaksanaan webinar pengabdian masyarakat, dan (3) para peserta webinar antusias untuk mengikuti webinar lanjutan dalam waktu dekat.

 

Kata Kunci: Strategi, Peningkatan, Kreativitas, Pandemi Covid 19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda