MENJADI GURU YANG TETAP DIRINDUKAN DI ERA PANDEMI COVID 19
Abstract
Abstrak
Â
Pandemi covid 19 menyebabkan 1,4 milyar siswa terdampak. Pendidikan berubah drastis ditandai dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pendidikan daring jarak jauh ini dihadapkan oleh berbagai persoalan; salah satunya kurangnya interaksi guru dan siswa secara emosional yang berdampak pada kurangnya kesan akan kehadiran guru dalam proses pembelajaran di era pembelajaran daring pandemi covid 19. Sejumlah sekolah dan keluarga/orangtua selama masa pandemi ini mengutarakan bahwa; selain kurangnya motivasi siswa dalam belajar, sosok guru di masa belajar daring ini juga tampak tak lagi dirindukan; bahkan dianggap membosankan karena terkesan memberi banyak tugas tanpa adanya bimbingan sebagaimana layaknya pembelajaran luring sebelum pandemi. Oleh karena itu, masalah ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut dan perlu segera diatasi oleh seluruh pihak terkait, sebagai bentuk upaya mewujudkan cita-cita/tujuan pendidikan nasional tersebut membutuhkan berbagai strategi; salah satunya adalah dengan melakukan webinar pengbadian masyarakat “Menjadi Guru yang Tetap Dirindukan Siswa di Era Pandemi Covid 19†yang sekiranya dapat membuka cakrawala dan wawasan berpikir guru dan praktisi terkait agar senantiasa inovatif dan inisiatif dalam proses pembelajaran agar kesan positif siswa terhadap proses pembelajaran senantiasa terjaga dan memberi pengalaman belajar yang signifikan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pada guru, terutama guru pendidikan dasar yang merupakan peletak pengalaman dasar pendidikan bagi setiap anak dan penentu estafet pendidikan yang mumpuni atau sebalinyal bagi masa mendatang. Setelah pelaksanaan webinar pengabdian dapat disimpulkan bahwa: (1) seluruh peserta menunjukkan respon positif terhadap berbagai kegiatan terkait upaya-upaya dalam mewujudkan diri sebagai sosok guru yang dirindukan siswa kendati melalui proses pembelajaran daring; (2) adanya peningkatan kesadaran dan kreatifitas guru dalam proses pembelajaran dengan adanya komunikasi intens peserta setelah pelaksanaan webinar pengabdian masyarakat; dan (3) para peserta webinar antusias untuk mengikuti webinar lanjutan dalam waktu dekat.
Â
Kata Kunci: Guru Kreatif, Pembelajaran Era Pandemi, Guru yang Dirindukan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by