MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD DI SEKOLAH TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA)

Melda Sofia, Kamarullah Kamarullah

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tahapan pendidikan yang dapat menentukan perkembangan dan keberhasilan anak. Guru merupakan aset utama sekolah, sehingga harus dikelola dengan baik dan profesional. Selama ini guru belum menunjukkan guru yang profesional dan ideal. Guru belum mampu menerapkan perannya dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti membuat pelatihan bagi guru PAUD yang bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam pembelajaran PAUD. Hasil peserta pelatihan mampu melaksanakan tugas-tugas yang diberikan selama pelatihan. Mereka mampu merefleksikan peran dan karakteristiknya sebagai guru PAUD, mampu menganalisis kebutuhan belajar anak, dan terampil dalam membuat ide-ide kreatif, mengatur lingkungan belajar dan mengemas pembelajaran melalui bermain. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam melakukan evaluasi terhadap rekan kerjanya.

Kata kunci: Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, strategi pembelajaran

Early Childhood Education is an educational stage that can determine the development and success of children. Teachers are the main asset of the school, so they must be managed properly and professionally. So far, the teacher has not shown a professional and ideal teacher. Teachers have not been able to apply their role in the process of teaching and learning activities. Based on these problems, the researchers made training for PAUD teachers which aims to find out the obstacles of teachers in learning early childhood education. The results of the training participants were able to carry out the tasks given during the training. They are able to reflect on their role and characteristics as PAUD teachers, are able to analyze children's learning needs, and are skilled in making creative ideas, setting learning environments and packing learning through play. Although there are still shortcomings in doing the evaluation of their co-workers.

Keywords: Teachers, Early Childhood Education, learning strategies


Full Text:

PDF

References


Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2018). Instrumen Akreditasi PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD yang Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda