PEMBEKALAN SOFTSKILL DALAM MEWUJUDKAN PARA ENTREPRENEUR MUDA DI SMK NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH

Herawati Herawati, Rafni Fajriati, Pardi Pardi, Periskila Dina Kali Kulla, Nur Maida

Abstract


Dalam Undang-undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat juga dilaksanakan oleh Universitas Ubudiyah Indonesia secara berkala dalam satu semester atau pun pertahun akademik. Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan oleh Universitas Ubudiyah Indonesia adalah: “Pembekalan Soft Skill dalam Mewujudkan Para Entrepreneur Muda di SMK Negeri 3 Kota Banda Aceh”. Pentingnya softskill bagi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki misi mencetak lulusan yang memiliki jiwa wirausaha; diperkuat dengan terjadinya perubahan pola dan trend kewirausahaan seiring dengan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi sehingga para siswa tidak hanya dibekali dengan ilmu kewirausahaan dalam bentuk hardskills saja, namun lebih dari itu juga harus menguasai kemampuan lunak (softskills). Kemampuan softskill menjadi demikian penting dalam berwirausaha, dan dapat ditingkatkan dengan beberapa cara yaitu; bertanggung jawab, komitmen, berani mengambil resiko, dan berorientasi pada tindakan. Lebih lanjut kemampuan softskill juga menjadi bagian dari kunci kesuksesan dalam berwirausaha selain dari kemampuan teknis (hardskills). Strategi peningkatan softskill tersebut hendaknya dimulai dari dalam diri sendiri, karena peningkatannya sangat tergantung dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Oleh karena itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu para siswa agar: (1) Memiliki wawasan tentang urgensi soft skill selain dari hard skill dalam mempersiapkan diri sebagai entrepreneur muda di era persaingan global di masa mendatang; (2) Senantiasa mengasah soft skill dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari; serta (3) Meningkatkan semangat dan keyakinan diri siswa bahwa setiap mereka berkesempatan menjadi usahawan yang sukses dengan turut membangkitkan semangat siswa disela-sela kegiatan pembekalan. Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini mengikuti teknis pelaksanaan tindakan yang terdiri dari 4 tahapan, yang terdiri dari tahap: persiapan atau perencanaan, pelaksanaan sosialisasi, evaluasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan pembekalan soft skill dalam kewirausahaan ini menunjukkan: adanya peningkatan antusiasme siswa dalam mengembangkan soft skill serta ada yang telah mulai merintis usaha mandiri; walau hanya usaha kecil sesuai dengan bidang bakat dan minat masing-masing yang dibimbing oleh guru dan mitra.

Kata Kunci: Pembekalan, Softskill, dan Entreprenuer Muda

In Law Number: 20 of 2003 concerning the National Education System it is stated that Higher Education is obliged to carry out the Tri Dharma of Higher Education, namely: teaching, research and community service. Community service programs are also carried out by the University of Ubudiyah Indonesia periodically in one semester or even per academic year. As a form of community service that can be carried out by the University of Ubudiyah Indonesia is: "Debriefing Soft Skills in Creating Young Entrepreneurs at SMK Negeri 3 Kota Banda Aceh". The importance of soft skills for students in Vocational High Schools whose mission is to produce graduates who have an entrepreneurial spirit; strengthened by changes in entrepreneurial patterns and trends along with the times and technological sophistication so that students are not only equipped with entrepreneurial knowledge in the form of hard skills, but more than that they also have to master soft skills. Soft skills are so important in entrepreneurship, and can be improved in several ways, namely; responsible, committed, dare to take risks, and action oriented. Furthermore, soft skills are also part of the key to success in entrepreneurship apart from technical abilities (hard skills). The strategy for improving soft skills should start from within oneself, because the improvement is very dependent on the abilities and potential of each individual. Therefore, the implementation of this community service aims to help students: (1) Have insight into the urgency of soft skills apart from hard skills in preparing themselves as young entrepreneurs in the era of global competition in the future; (2) Always hone soft skills and practice them in everyday life; and (3) Increasing the enthusiasm and self-confidence of students that each of them has the opportunity to become a successful entrepreneur by participating in arousing students' enthusiasm on the sidelines of debriefing activities. The method of implementing this socialization activity follows the technical implementation of the action which consists of 4 stages, which consist of the stages: preparation or planning, implementation of socialization, evaluation and reflection. The results of the implementation of soft skill training in entrepreneurship show: there is an increase in student enthusiasm in developing soft skills and some have started to start independent businesses; even if it's only a small business according to their respective areas of talent and interest guided by teachers and partners.


Keywords: Debriefing, Soft Skill, and Young Entrepreneurs


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda