IMPLEMENTASI PARENTING ISLAMI DALAM MENDIDIK MENTAL SPIRITUAL ANAK USIA DINI

Herawati Herawati, Kurnia Rahmayanti, Pardi Pardi, Lena Hati

Abstract


Dalam Undang-undang Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Perguruan Tinggi wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Program pengabdian kepada masyarakat juga dilaksanakan oleh Universitas Ubudiyah Indonesia secara berkala dalam satu semester atau pun pertahun akademik. Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan oleh Universitas Ubudiyah Indonesia adalah: “Implementasi Parenting Islami dalam Mendidik Mental Spiritual Anak Usia Diniâ€. Keluarga merupakan lembaga pendidikan tertua yang bersifat informal dan kodrati. Keluarga berperan penting dalam membentuk pola kepribadian anak, karena di dalam keluarga anak pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma. Pendidikan keluarga memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar, agama, dan kepercayaan, nilai moral, norma sosial dan pandangan hidup yang diperlukan anak untuk berperan dalam keluarga dan masyarakat Peran dan tanggungjawab pendidikan anak dalam keluarga menjadi tugas bersama ayah dan ibu. Oleh karena itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk: (1) membuka wawasan dan kecakapan, (2) memberikan informasi dan teknis penerapan parenting islami yang tepat dalam mendidik, dan (3) meningkatkan kesadaran/daya nalar orangtua akan pentingnya parenting islami sebagai standar acuan dalam mendidik mental spiritual anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan pembekalan ini mengikuti teknis pelaksanaan tindakan yang terdiri dari 4 tahapan, yang terdiri dari tahap: persiapan atau perencanaan, pelaksanaan sosialisasi, evaluasi dan refleksi. Hasil pelaksanaan pembekalan ini menunjukkan: (1) seluruh peserta menunjukkan respon positif terhadap berbagai kegiatan, (2) adanya peningkatan nalar kesadaran orangtua akan pentingnya implementasi parenting islami dalam mendidik mental spiritual anak usia dini, dan (3) seluruh peserta pembekalan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan serupa atau lanjutan kegiatan terkait materi parenting islami dalam waktu dekat.

Kata Kunci: Implementasi, Parenting Islam, dan Anak Usia Dini

In Law Number: 20 of 2003 concerning the National Education System, it is stated that universities are obliged to implement the Tri Dharma of Higher Education, namely: teaching, research and community service. Community service programs are also carried out by Ubudiyah University Indonesia periodically in one semester or per academic year. As one form of community service that can be carried out by Ubudiyah University Indonesia is: "Implementation of Islamic Parenting in Educating Early Childhood Spiritual Mentality". The family is the oldest educational institution that is informal and natural. The family plays an important role in forming a child's personality pattern, because it is in the family that children are first introduced to values and norms. Family education provides the basic knowledge and skills, religion and beliefs, moral values, social norms and outlook on life that children need to play a role in the family and society. The role and responsibility of children's education in the family is a joint responsibility of the father and mother. Therefore, the implementation of this community service aims to: (1) open insight and skills, (2) provide information and techniques on the appropriate application of Islamic parenting in education, and (3) increase awareness/reasoning power of parents regarding the importance of Islamic parenting as a standard reference in educating the spiritual mentality of early childhood. The method for implementing this debriefing activity follows the technical implementation of the action which consists of 4 stages, consisting of: preparation or planning, implementation of socialization, evaluation and reflection. The results of the implementation of this briefing show: (1) all participants showed a positive response to various activities, (2) there was an increase in parents' awareness of the importance of implementing Islamic parenting in educating the spiritual mentality of early childhood, and (3) all briefing participants were very enthusiastic about taking part. similar activities or continuation of activities related to Islamic parenting material in the near future.

Keywords: Implementation, Islamic Parenting, and Early Childhood


Full Text:

PDF

References


Basidin Mizal, Pendidikan dalam Keluarga, (Jurnal Ilmiah-Pauradeun), Vol. 2 No.3 September 2014.

Syaikh Abdul Hamid Jasim Al-Bilali, Seni Mendidik Anak, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2000.

Padjrin, Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam, (Jurnal Intelektualitas), Vol.5 No.1 Juni 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda