BIMBINGAN LITERASI DIGITAL DALAM MENYARING SERBUAN INFORMASI BAGI GENERASI MUDA DI SMKN 1 KOTA SABANG

Murnia Suri, Fitriliana Fitriliana, Nelliraharti Nelliraharti

Abstract


Segala jenis informasi yang dibutuhkan dapat diakses oleh siapa saja tanpa batas di era digital saat ini. Namun tidak semua informasi yang berseliweran dapat diterima begitu saja. Perlu usaha filterisasi dan kemampuan literasi digital menghadapi hal tersebut terutama bagi generasi muda. Bimbingan dari orang tua, para guru dan dosen sangat berarti dalam pembentukan perilaku mereka. Untuk itulah kegiatan PKM dari UUI dengan judul “Bimbingan Literasi Digital Dalam Menyaring Serbuan Informasi Bagi Generasi Muda†dilaksanakan di SMKN 1 Sabang sebagai wujud kepedulian terhadap generasi penerus bangsa. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pemaparan materi dengan gaya anak muda dan disertai dengan diskusi ringan tentang persiapan mereka dalam menghadapi perkembangan teknologi yang terus berkembang. Sambutan hangat dari phak sekolah dan antusiasme peserta selama pemaparan materi dan diskusi menjadi input yang baik bagi pelaksanaan kegiatan ini dan menjadi catatan penting untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya.

Kata Kunci: Literasi Digital, Generasi Muda

 

All types of information needed can be accesses by anyone without limits in today’s digital era. However, not all information circulating can be accepted directly. Filtering efforts and digital literacy skills are needed to deal with this, especially for the younger generation. Guidance from parents, teachers and lecturers are very important in shaping their behaviour. For this reason, the social engagement from Ubudiyah Indonesia University in the tittle’ Digital Literacy Guidance in Filtering Information Attacks for the Younger Generation†was carried out at SMKN1 Sabang as a form of concern for the next generation of this nation. The activities were carried out in the form of presenting material in the style of teenager and accompanied by light discussions about their preparations in facing the ever-growing technological developments. A warm welcome from the school staffs and the enthusiasm of the participants during the presentation and material discussion provided good input for the implementation of this activity and became an important note for the implementation of the next activity.

Keywords: Digital Litercay, Young Generation


Full Text:

PDF

References


Anggraini, L. D. (2017). Bakti Sosial. Yogyakarta: UMY.

Bawden, D. (2008). Information and Digital Literacy: A view of Concept. Journal of Documentation 57 (2) 218-259. Tibor Koltay, The Media and The Literacy, Information and Digital Literacy.

Harjono, H.S. (2018). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra: Wahana Publikasi Hasil Kajian dan Penelitian.

Herman. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan Teori, Praktek dan Penerapannya. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/29/115500182/5-tips-mengajarkan-anak-menyaring-informasi-agar-terhindar-hoaks?page=all

https://go-pena.id/readmore/kaum-milenial-diharapkan-selalu-menyaring-informasi

https://www.childrenandscreens.com/digital-media-and-developing-mind-proceedings-of-the-national-academy-of-sciences-of-the-united-states-of-america/

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/screen-time/art-20047952

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Musiin, Richardus Eko. (2020). Literasi Digital Nusantara: Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda Melalui Literasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda