IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE GAMBAR DALAM UPAYA PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR

Mutiawati Mutiawati, Mawardiana Mawardiana, Andy Syaputra, Rafni Fajriati

Abstract


Pendidikan inklusif bagi anak tunagrahita merupakan peluang besar untuk dapat belajar bersama anak-anak lainnya. Namun demikian, salah satu keterbatasan yang dialami anak tunagrhaita yaitu kesulitan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti melalui penggunaan media puzzle gambar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi anak tunagrahita di sekolah dasar melalui penggunaan media puzzle gambar. Media puzzle gambar diimplementasikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri Simpang Dama Aceh Timur pada Tanggal 30 Mei 2024 dengan subjek implementasinya yaitu siswa/i kelas III, dengan responden berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Kegiatan implementasi dilakukan secara langsung oleh palaksana program mulai tahapan observasi lapangan, pendampingan, tes konsetrasi dan pengisian angket untuk mengetahui respon siswa setelah kegiatan pendampingan melalui media puzle gambar. Hasil tes diperoleh nilai rata-rata N-Gain peningkatakan daya konsentrasi siswa setelah menggunakan media Puzzle gambar sebesar 0,8 dengan kriteria â€tinggiâ€. Hal ini menunjukkan tingkat keefektifan implementasi media Puzzle gambar yang artinya telah dapat meningkatkan konsentrasi anak tunagrahita. Respon siswa terhadap penggunaan media Puzzle gambar secara keseluruhan juga menunjukkan respon yang sangat positif dengan nilai rata-rata 92,5% menyatakan bahwa media Puzzle gambar efektif dan menarik minat siswa untuk belajar dan mampu memberikan motivasi lebih kepada siswa untuk tetap fokus selama pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi media Puzzle gambar dianggap sebagai salah satu metode yang inovatif dan efektif dalam mendukung proses belajar mengajar terutama bagi siswa dengan kebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. 

Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Tunagrahita, Minat Siswa, Media Puzzle dan Konsentrasi

Inclusive education for children with disabilities is a great opportunity to learn alongside other children. However, one of the limitations experienced by children with disabilities is difficulty concentrating in following learning. Therefore, a fun learning method is needed, such as using picture puzzle media. This activity aims to improve the concentration of children with disabilities in elementary school using picture puzzle media. The picture puzzle media was implemented at Simpang Dama State Elementary School (SD) in East Aceh on May 30, 2024 with the implementation subject being third grade students, with respondents totaling 12 students consisting of 5 male students and 7 female students. Implementation activities are carried out directly by program implementers starting from the stages of field observation, mentoring, concentration tests and filling out questionnaires to find out student responses after mentoring activities through image puzzle media. The test results obtained an average N-Gain value of increasing student concentration after using image puzzle media of 0.8 with “high†criteria. This shows the effectiveness of the implementation of image puzzle media which means that it has been able to improve the concentration of children with disabilities. The overall student response to the use of image puzzle media also shows a very positive response with an average value of 92.5% stating that image puzzle media is effective and attracts students' interest in learning and is able to provide more motivation for students to stay focused during learning. So it can be concluded that the implementation of image puzzle media is considered as one of the innovative and effective methods in supporting the teaching and learning process, especially for students with special needs such as children with disabilities.

Keywords: Inclusive Education, Tunagrahita, Student Interest, Puzzle Media, and Concentration


Full Text:

PDF

References


Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912.

Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., & Ma’rup, C. S. (2015). Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.281

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Ling, G. J., & Omar, I. M. (2022). Kesediaan Guru Arus Perdana Dan Keberkesanan Progam Pendidikan Inklusif Sekolah Jenis Kebangsaan (Cina) Di Ampang, Selangor. Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 9(1), 44–55.

Mutiawati, Desita Ria Yusia TB, D. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sekolah Dasar (SD). Jurnal Studia Insania, 10(1), 27–44.

Mutiawati, M., Mailizar, M., Johar, R., & Ramli, M. (2023). Exploration of factors affecting changes in student learning behavior: A systematic literature review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1315. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24601

Mutiawati, M., Syahputra, A., Nelly, N., Yusian, D. R., Lestari, S., Rusyidah, R., & Saudah, S. (2023). Using the Flipped Classroom Model to Prevent Sexual Violence in Special Needs Children. Journal of Educational Management and Learning, 1(2), 55–63. https://doi.org/10.60084/jeml.v1i2.107

Palintan, T. A., Nurul Asqia, & Hariska. (2023). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak Melalui Media Puzzle Pada Anak Kelompok B Di Ra Umdi Al-Ihsan Parepare. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.35905/anakta.v1i2.4474

Quintero, R., Pertuz, L., Mosalvo, J., Amador, E., Portnoy, I., Acuña-Rodríguez, M., & Córdova, A. (2024). Analysis of Self-efficacy and Attitude-mediated Inclusivity in Higher Education: A Case Study on the Colombian North Coast. Procedia Computer Science, 231, 539–544. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.12.247

Rahmawati, E., & Muhroji, M. (2024). Pengaruh Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1408–1413. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1103

Ririn, R. (2024). Terapi Bermain Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Daya Ingat Jangka Pendek Anak Tunagrahita (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri PKK Sukarame Bandar Lampung). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Setiawan, E., & Cipta Apsari, N. (2019). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan Dan Non Diskriminatif Di Bidang Pendidikan Bagi Anak Dengan Disabilitas (ADD). Sosio Informa, 5(3). https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1776


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda