PSIKOEDUKASI JURNAL KEBERSYUKURAN (GRATITUDE JOURNAL) PADA ANAK DAN REMAJA

Dewi Shinta, Herawati Herawati

Abstract


Psikoedukasi merupakan kegiatan pendekatan dalam bidang psikologi yang bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, dan pemahaman kepada individu atau kelompok mengenai masalah kesehatan mental, perilaku, atau emosional. Pada program pengabdian kepada masyarakat ini, penulis ingin memberikan pemahaman dan cara untuk meningkatkan dan mengembangkan rasa kebersyukuran (gratitude) dengan menuliskan hal-hal yang mereka syukuri selama satu minggu. Program ini diukur dengan membandingkan respon/ tulisan yang diberikan partisipan sebelum dan setelah mengikuti psikoedukasi. Partisipan dalam program ini sebanyak 17 orang anak-anak/ remaja dengan rentang usia 12-18 tahun yang dibimbing oleh 3 orang mentor terlatih di Pusat Pengembangan Anak (PPA) Kenanga Medan. Alasan pemilihan partisipan ini adalah karena partisipan berasal dari latar belakang keluarga dengan kondisi finansialnya yang sangat terbatas. Partisipan tersebut mendapatkan bantuan berupa materi maupun non-materi yang secara rutin mereka dapatkan melalui kegiatan pengembangan yang dilakukan di PPA Kenanga Medan. Hasil dari psikoedukasi melalui program pengabdian kepada masyarakat ini ditemukan bahwa melalui jurnal kebersyukuran (gratitude journal) yang dituliskan selama satu minggu menunjukkan perubahan sikap dan pandangan yang berbeda. Sehingga dapat dikatakan psikoedukasi yang dilakukan telah berhasil mengubah pandangan partisipan dari yang sebelumnya kurang bersyukur menjadi lebih bersyukur.

Kata Kunci: Psikoedukasi, Kebersyukuran, Jurnal Kebersyukuran


Full Text:

PDF

References


Arif, Iman Setiadi. 2016. Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. Jakarta: Gramedia

Emmons, R.A. 2004. The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press

Emmons, R.A. 2007. Thanks! How the New Science of Gratitude Can Make You Happier.

New York : Houghton Mifflin Company

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. (2002). The grateful disposition: A conceptual and empirical topography. Journal of Personality and Social Psychology, 82(1), 112– 127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda