MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SD SWASTA IT TAHFIDZUL QUR’AN AL-UMM SMART CENTRE MELALUI WORKSHEET
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan kemampuan belajar bahasa Inggris siswa SD Swasta IT Tahfidzul Qur’an Al-Umm Smart Centre. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan mengembangkan worksheet interaktif. Penelitian melibatkan 28 siswa sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan worksheet interaktif efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Inggris siswa sebesar 80% dan kemampuan bahasa Inggris siswa meningkat sebesar 70%. Penelitian ini juga menemukan bahwa worksheet interaktif dapat meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara bahasa Inggris siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris dan dapat menjadi model pengembangan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah lain. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dan pengembang kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengabdian masyarakat, bahasa Inggris, worksheet interaktif, minat belajar
Full Text:
PDFReferences
Penulisan pustaka menggunakan sistem Harvard Referencing Standard.
Antoro, Qamarudin Dwi. 2013. Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
A. Supriyanto, Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2005.
Fajriah, Inayatul. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
G. Gurung, R. Shah and D. P. Jaiswal, "Software Development Life Cycle Models-A Comparative Study," International Journal of Scientific Research in Computer Science, Engineering and Information Technology, vol. 6, no. 4, pp. 30-37, 2020.
M. Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 2000 Supriyanta, P. W. dan B. M. S. (2014). Aplikasi Konversi Suara Ke Teks Berbasis Android Menggunakan Google Speech Api. Bianglala Informatika, 2(2), 11–19.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukyadi, Didi. 2012. Penilaian Bahasa Inggris Untuk Anak Usia SD. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Syakir, dan Bagus Suhendar. (2017). Frekuensi Penggunaan Smartphone untuk Tujuan Belajar Bahasa Inggris pada Mahasiswa STMAT Semester Pertama. laporan penelitian. Tidak diterbitkan. Puslitdimas STMA Trisakti Jakarta. Wu, Q. (2015). Designing a smartphone app to teach English (L2) vocabulary.
Yuswanti. 2014. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Vol.3, No.4.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by