PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KERJA DAN PEMETAAN MINAT KERJA PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN
Abstract
Latar Belakang : Melakukan Psikoedukasi kepada siswa SMK Negeri 8 Medan berfokus pada upaya meningkatkan resiliensi dan pemetaan minat kerja, agar siswa mampu menghadapi masalah dan tantangan yang akan dihadapinya, khususnya persiapan di dunia kerja setelah lulus nanti dengan 6 aspek kepribadian aplikasi teori kepribadian Holland Hexagonal, 6 aspek tersebut atau yang dikenal dengan Aspek (RIASEC) ialah Realistis, Investigatif, Artisitik, Sosial, Enterpraising dan Convensional. Tujuan Kegiatan : untuk menambah pengetahuan dan daya resiliensi siswa dalam menghadapi tantangan memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. Hasil Kegiatan : Dalam kegiatan psikoedukasi ini telah diperoleh siswa menjadi mampu mempersiapkan diri untuk memilih minatnya sesuai dengan aspek yang ada dan juga merencanakan resilinesi diri serta dapat berusaha mengatasi masalah pribadi yang dialami, selain itu siswa mampu beradaptasi dengan tantangan yang akan dihadapi nanti dalam pencapai cita-citanya dengan mempersiapkan usaha-usaha yang sesuai dengan kepribadian dan minat dengan resiliensi diri masing masing siswa.
Kata kunci : Psikoedukasi, Resiliensi Kerja, Pemetaan Minat Kerja.
Full Text:
PDFReferences
Saraswati., L, Tiatri, S & Sahrani, R, (2017) Peran self-esteem dan school well-being pada resiliensi siswa smk pariwisata A. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, Vol. 1, No. 2, Hal; 511-518. Diakses https://www.researchgate.net/profile/Riana-Sahrani-2/publication/327414925_PERAN_SELF-ESTEEM_DAN_SCHOOL_WELL-BEING_PADA_RESILIENSI_SISWA_SMK_PARIWISATA_A/links/5b8ddbd145851540d1c3dfa7/PERAN-SELF-ESTEEM-DAN-SCHOOL-WELL-BEING-PADA-RESILIENSI-SISWA-SMK-PARIWISATA-A.pdf
Desmita. (2009) Mengembangkan Resiliensi remaja dalam Upaya mengatasi stress sekolah. Ta”dib, Vol. 12, No. 1, Hal;10. Diakses https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/150/149
Amalianita., B, & Putri, Y.E. (2019) Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol. 4, No. 2, hal; 63-70. Diakses https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/490/499
Hapsari., S.A.M, Meilani, T dan Nabillah, Z.N, (2021) Strawberry generation: dilematis keterampilan mendidik generasi masa kini. Jurnal Pendidikan, Vol. 31, No. 2 hal; 237-244. Diakses https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2485/1586
Yasmin, N & Mardiani, (2024) Hubungan kecerdasan emosional dengan resiliensi dalam menghadapi dunia kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, Vol. 4, No. 2 Hal; 105-114. Diakses https://ejournal.upi.edu/index.php/JPTB/article/view/75755/pdf
Salim, F. dan Fakrurrozi, M (2020) Efikasi diri akademik dan resiliensi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 16, No. 2 Hal; 175-187. Diakses https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/9718/pdf
Rutten, B. P. F., et al. (2013). Resilience in Mental Health: Linking Psychological and Neuorobiological Perspectives. Acta Psychiatrica Scandinavica. 128(1), p. 3-20. Doi: 10.1111/acps.12095
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal indexed by