METODE DISKUSI KELOMPOK SEBAGAI STRATEGI MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TPA BAITUL MUNAWARAH TIBANG BANDA ACEH

Murnia Suri, Neliraharti Neliraharti

Abstract


Abstrak

Metode Diskusi Kelompok dalam process belajar mengajar merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan bakat dan minat anak didik. Penggunaan metode tersebut dalam penelitian ini bertujuan untuk memotivasi mereka belajar bahasa Inggris. Dorongan motivasi tersebut dilakukan melalui metode diskusi pada sebuah lembaga pendidikan Al-Qur’an, TPA Baitul Munawarah yang berlokasi di Gampong Tibang kecamatan Syiah Kuala kota Banda Aceh. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diperkenalkan lewat proses konstruksi kemampuan mendengar, berfikir dan berbicara kepada 47 orang santri. Materi yang dibahas berkaitan dengan pembelajaran Islam, seperti pelaksanaan shalat lima waktu, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan kepatuhan kedua orang tua. Dari pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan didapatkan bahwa penggunaan metode ini berhasil mengubah sikap dan tingkah peserta didik. Metode ini juga memotivasi mereka untuk mencoba berbicara bahasa Inggris, baik mengambil bagian dalam diskusi secara langsung maupun mencoba memberikan respon dari topik yang dibincangkan. Di samping itu, mereka juga dapat mempraktekkan kegunaan bahasa untuk komunikasi secara langsung.

Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok, Strategi Motivasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda